AstraZeneca Akan Lanjutkan Uji Coba Vaksin Covid-19 di AS

Kompas.com - 24/10/2020, 19:49 WIB
Ilustrasi vaksin corona SHUTTERSTOCK/PalSandIlustrasi vaksin corona

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Perusahaan farmasi multinasional AstraZeneca pada Jumat (23/10/2020) mengatakan bahwa pihaknya akan melanjutkan uji coba vaksin Covid-19 eksperimental buatannya di Amerika Serikat (AS) yang tertunda sejak September.

Perusahaan itu mengungkapkan bahwa Food and Drug Administration ( FDA), badan pengawas makanan dan obat-obatan di AS, telah memberikan lampu hijau untuk uji coba lanjutan di Negeri "Uncle Sam".

Selain AS, negara-negara lain juga menyusul uji coba kembali dalam beberapa pekan terakhir.

Baca juga: Sempat Dihentikan, AstraZeneca dan Johnson & Johnson Lanjutkan Uji Coba Vaksin Covid-19 di AS

FDA telah meninjau seluruh data keamanan dari uji coba secara global dan menyimpulkan bahwa situasi sudah aman untuk memulai kembali uji coba tersebut, papar AstraZeneca dalam pernyataannya yang dikutip Xinhua News.

Sebagai bagian dari proses peninjauan standar untuk keamanan uji coba, penangguhan sukarela vaksinasi dalam seluruh kegiatan uji coba global dicetuskan pada 6 September.

Hal itu menurut perusahaan tersebut bertujuan untuk memungkinkan dilakukannya penilaian terhadap data keamanan oleh komite pengawasan independen.

Baca juga: Profil AstraZeneca, Penyedia 100 Juta Vaksin Corona untuk Indonesia

Disebutkan pula bahwa rekomendasi dari peninjauan yang dilakukan mendapat dukungan dari regulator internasional, yang juga mengonfirmasi bahwa semua uji coba itu aman untuk dilanjutkan.

Pihak AstraZeneca juga mengatakan bahwa hasil dari uji coba tahap akhir diperkirakan akan keluar tahun ini.

Baca juga: Relawan Uji Klinis Vaksin AstraZeneca Meninggal, Kok Bisa?


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X