Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AstraZeneca Akan Lanjutkan Uji Coba Vaksin Covid-19 di AS

Kompas.com - 24/10/2020, 19:49 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Perusahaan farmasi multinasional AstraZeneca pada Jumat (23/10/2020) mengatakan bahwa pihaknya akan melanjutkan uji coba vaksin Covid-19 eksperimental buatannya di Amerika Serikat (AS) yang tertunda sejak September.

Perusahaan itu mengungkapkan bahwa Food and Drug Administration (FDA), badan pengawas makanan dan obat-obatan di AS, telah memberikan lampu hijau untuk uji coba lanjutan di Negeri "Uncle Sam".

Selain AS, negara-negara lain juga menyusul uji coba kembali dalam beberapa pekan terakhir.

Baca juga: Sempat Dihentikan, AstraZeneca dan Johnson & Johnson Lanjutkan Uji Coba Vaksin Covid-19 di AS

FDA telah meninjau seluruh data keamanan dari uji coba secara global dan menyimpulkan bahwa situasi sudah aman untuk memulai kembali uji coba tersebut, papar AstraZeneca dalam pernyataannya yang dikutip Xinhua News.

Sebagai bagian dari proses peninjauan standar untuk keamanan uji coba, penangguhan sukarela vaksinasi dalam seluruh kegiatan uji coba global dicetuskan pada 6 September.

Hal itu menurut perusahaan tersebut bertujuan untuk memungkinkan dilakukannya penilaian terhadap data keamanan oleh komite pengawasan independen.

Baca juga: Profil AstraZeneca, Penyedia 100 Juta Vaksin Corona untuk Indonesia

Disebutkan pula bahwa rekomendasi dari peninjauan yang dilakukan mendapat dukungan dari regulator internasional, yang juga mengonfirmasi bahwa semua uji coba itu aman untuk dilanjutkan.

Pihak AstraZeneca juga mengatakan bahwa hasil dari uji coba tahap akhir diperkirakan akan keluar tahun ini.

Baca juga: Relawan Uji Klinis Vaksin AstraZeneca Meninggal, Kok Bisa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com