Kompas.com - 23/10/2020, 20:14 WIB

KOMPAS.com - Selain menjalin kerja sama dengan China untuk mendatangkan tiga jenis vaksin Covid-19 ke Indonesia, pemerintah juga menyepakati pembelian vaksin AstraZeneca dari Eropa.

Dilansir dari Kompas TV, Senin (19/10/2020), Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Achmad Yurianto mengatakan, kesepakatan itu diperoleh dari hasil kunjungan pemerintah ke Inggris dan Swiss.

Yuri mengatakan, AstraZeneca telah berkomitmen untuk memberikan 100 juta dosis vaksin Covid-19 pada Maret 2021.

Baca juga: Virus Corona dan Meninggalnya Relawan Uji Vaksin Covid-19 AstraZeneca...

Sementara itu, diberitakan Kompas.com, Jumat (23/10/2020) sebuah studi menyebutkan bahwa vaksin bernama ChAdOx1 atau dikenal sebagai AZD1222 dari AstraZeneca dinilai dapat memicu kekebalan yang kuat dari virus corona.

Uji klinis vaksin tersebut telah dilakukan dalam skala besar di beberapa negara, termasuk Brasil, Amerika Serikat, dan Inggris.

Hasil uji klinis diharapkan bisa dirilis sebelum akhir tahun.

Baca juga: Mengenal 9 Kandidat Vaksin Virus Corona

Lantas apa itu AstraZeneca?

Profil AstraZeneca

Dilansir dari Forbes, 12 Mei 2020, AstraZeneca adalah holding company atau perusahaan induk yang bergerak di bidang riset, pengembangan, dan manufaktur produk farmasi.

Perusahaan ini didirikan pada 17 Juni 1992, dan bermarkas di Cambridge, Inggris.

Produk-produk dari AstraZeneca telah banyak digunakan di bidang kesehatan, meliputi onkologi, kardiovaskular, ginjal, metabolisme, dan pernapasan.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.