Pertama Kalinya dalam 13 Tahun, Jepang Akan Rekrut Astronaut pada 2021

Kompas.com - 24/10/2020, 19:12 WIB
Ilustrasi astronot di luar angkasa 1971yesIlustrasi astronot di luar angkasa

TOKYO, KOMPAS.com - Jepang akan merekrut beberapa astronaut potensial pada 2021. Upaya itu merupakan pertama kalinya sejak negara tersebut melakukan rekrutmen astronaut pada 2008 silam, tutur Menteri Ilmu Pengetahuan Jepang Koichi Hagiuda pada Jumat (23/10/2020) dikutip Xinhua News.

Rekrutmen tersebut bertujuan untuk mengirim astronaut ke luar angkasa sebagai bagian dari proyek eksplorasi Bulan yang dipimpin Amerika Serikat (AS), lanjut Hagiuda.

Baca juga: Luar Biasa, Toilet Baru untuk Astronaut Wanita NASA Ini Senilai Rp 342 Triliun

"Kami akan mengumpulkan aplikasi sekitar tiap lima tahun mulai sekarang untuk mempertahankan satu kelompok astronaut (dalam keadaan siap)," kata Hagiuda dalam konferensi pers.

Menurut Hagiuda, pemerintah Jepang akan mulai mengumpulkan aplikasi astronaut sekitar musim gugur mendatang, dengan tujuan agar seorang warga negara Jepang bisa mendarat di Bulan untuk pertama kalinya di paruh kedua dekade 2020-an.

Baca juga: Rusia Ingin Cek Kebenaran Astronaut AS Mendarat di Bulan

Berdasarkan laporan media setempat, tujuh astronaut Jepang saat ini menjadi bagian dari Badan Eksplorasi Luar Angkasa Jepang.

Saat badan tersebut mengadakan rekrutmen astronaut terakhirnya pada 2008, rekor sebanyak 963 orang pelamar mengirimkan aplikasi untuk posisi tersebut dan tiga orang pria yang terpilih sudah diterbangkan ke luar angkasa.

Dalam waktu dekat, astronaut veteran Soichi Noguchi (55) dijadwalkan meluncur ke Stasiun Luar Angkasa Internasional menggunakan pesawat antariksa Crew Dragon yang dikembangkan oleh manufaktur luar angkasa AS, SpaceX.

Baca juga: Rusia Berencana Kirim Astronaut ke Bulan Awal Tahun 2030-an


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X