Sempat Dihentikan, AstraZeneca dan Johnson & Johnson Lanjutkan Uji Coba Vaksin Covid-19 di AS

Kompas.com - 24/10/2020, 09:30 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Do. Shutterstock) Ilustrasi vaksin Covid-19. (Do. Shutterstock)

KOMPAS.com - AstraZeneca Plc kembali melanjutkan uji coba vaksin virus corona di Amerika Serikat ( AS) setelah disetujui regulator.

Hal yang sama akan dilakukan Johnson & Johnson, yang sedang bersiap untuk melanjutkan uji coba pada Senin atau Selasa, kata perusahaan tersebut pada Jumat (23/10/2020).

Dikutip dari Reuters, Sabtu (24/10/2020), kabar ini mengisyaratkan kemajuan melawan virus corona baru yang telah menginfeksi lebih dari 41 juta secara global, termasuk 8 juta orang AS.

Kabar ini datang 10 hari sebelum pemilihan presiden AS, isu yang sangat berpengaruh untuk memerangi pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, AstraZeneca sempat menghentikan uji coba di AS pada 6 September setelah laporan penyakit saraf yang serius pada salah satu orang yang jadi relawan uji coba di Inggris.

Kemudian, J&J juga menghentikan uji coba tahap akhir yang besar minggu lalu setelah seorang peserta penelitian jatuh sakit.

Baca juga: Profil AstraZeneca, Penyedia 100 Juta Vaksin Corona untuk Indonesia

Kedua perusahaan memiliki kontrak untuk menyediakan vaksin di AS dan sejumlah negara jika disetujui regulator.

Para pejabat dan ahli telah sempat menyatakan keprihatinan terkait regulasi yang diawasi oleh Food and Drug Administration (BPOM AS) bisa dirusak oleh kepentingan dan tekanan politik.

Hal ini membuat sekitar seperempat orang Amerika mengatakan ragu-ragu untuk mengambil vaksin Covid-19.

"Saat uji coba ini dilanjutkan, saya berharap pesan yang dikomunikasikan kepada publik adalah bahwa kami mengikuti prosedur dengan standar etika tertinggi dan tidak mengganggu proses regulasi FDA," kata kepala pengembangan vaksin untuk Operation Warp Speed, Matthew Hepburn.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X