Biden Perkasa di Survei, Bagaimana Peluang Trump 2 Minggu Jelang Pilpres AS?

Kompas.com - 20/10/2020, 10:52 WIB
Calon Presiden Partai Republik Presiden Petahana Donald Trump berdebat dengan Calon Presiden Partai Demokrat mantan Wakil Presiden Joe Biden di kampus Universitas Case Western Reserve, Cleveland, Ohio, Selasa malam (29/09/2020) AFP/GETTY IMAGES/OLIVIER DOULIERYCalon Presiden Partai Republik Presiden Petahana Donald Trump berdebat dengan Calon Presiden Partai Demokrat mantan Wakil Presiden Joe Biden di kampus Universitas Case Western Reserve, Cleveland, Ohio, Selasa malam (29/09/2020)

CHARLOTTE, KOMPAS.com - Jalan Presiden Amerika Serikat ( AS) Donald Trump untuk kembali terpilih sebagai orang nomor satu AS semakin terjal.

Dua minggu menjelang hari pemungutan suara pada 3 November, Trump tidak kunjung menunjukan tanda-tanda dia dapat mengejar ketertinggalannya yang jauh dari pesaingnya calon presiden (capres) Partai Demokrat Joe Biden.

Keunggulan perkasa dua digit Biden

Tidak ada banyak perubahan pada rekapitulasi hasil survei pemilihan presiden (pilpres) seminggu terakhir. Biden tetap perkasa unggul dua digit atas Trump.

Baca juga: Mikrofon Bisa Di-Mute di Debat Capres Terakhir, Timses Trump Marah

Rataan terbaru agregasi hasil survei nasional oleh FiveThirtyEight, Senin malam (19/10/2020), menunjukan mantan Wakil Presiden Barack Obama itu memimpin jauh dengan selisih 10,8 persen. Angka ini meningkat dari 10,3 persen pekan lalu.

Suami Jill Biden itu digdaya dengan raihan 52,5 persen. Angka ini menjadikan Biden sebagai capres non-petahana terkuat sejak survei ilmiah digelar pada 1936.

Trump terpuruk dengan 41,7 persen. Presiden berusia 74 tahun itu tidak dapat meningkatkan raihan suaranya dari kisaran 41 hingga 43 persen.

Keunggulan dua digit Biden juga terlihat pada dua survei nasional yang dirilis pekan lalu. Survei NBC/The Wall Street Journal memberikan keunggulan 11 poin terhadap Biden yaitu 53 persen berbanding 42 persen.

Angka ini tidak berbeda jauh dengan survei yang sama sebelumnya di mana Biden memimpin 53 persen berbanding 39 persen.

Baca juga: Biden Unggul Jauh dari Trump di Polling, Jaminan Menang Pilpres AS?

Biden juga unggul di jajak pendapat nasional lain oleh NPR/PBS NewsHour/Marist. Politisi kawakan berusia 77 tahun itu memimpin dengan raihan 54 persen berbanding 43 persen.

Pakar pemilu AS Nate Silver yang menjalankan simulasi model pilpres FiveThirtyEight memberikan peluang yang sangat tinggi, yaitu 88 persen kepada Biden untuk memenangkan pilpres 2020 ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X