Presiden Kirgistan Rela Mundur demi Redakan Kisruh Demo Pemilu

Kompas.com - 09/10/2020, 16:23 WIB
Presiden Kirgizstan Sooronbay Jeenbekov saat menghadiri konferensi pers akhir tahun di Ala Archa, Bishkek, 25 Desember 2019. AFP/VYACHESLAV OSELEDKOPresiden Kirgizstan Sooronbay Jeenbekov saat menghadiri konferensi pers akhir tahun di Ala Archa, Bishkek, 25 Desember 2019.

BISHKEK, KOMPAS.com - Presiden Kirgistan Sooronbay Jeenbekov menyatakap siap undur diri demi mengakhiri kerusuhan pasca-pemilu yang melanda negara di Asia Tengah itu.

Dia mengatakannya dalam sebuah pidato yang diterbitkan di situs webnya pada Jumat (9/10/2020).

Sengketa pemilu Kirgistan memicu demo dan kerusuhan yang menyebabkan satu orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka.

Baca juga: Pemilu Kirgistan Kacau dan Ricuh, Akankah Berujung Revolusi?

Jeenbekov mengatakan, dia bisa mundur setelah tanggal pemilu baru ditetapkan dan perubahan dalam pemerintahan telah dikonfirmasi oleh parlemen serta kantor kepresidenan.

"Setelah otoritas eksekutif yang sah disetujui dan kami kembali ke jalur yang sah, saya siap meninggalkan jabatan Presiden Republik Kirgistan," katanya dikutip dari AFP.

Pernyataan itu dilontarkan hanya beberapa jam setelah kantor Jeenbekov mengatakan, pengunduran diri presiden tidak "dipertanyakan" dalam pembicaraan dengan para pemimpin politik, yang dipimpin partai-partai kalah dalam pemilihan parlemen.

Baca juga: Cerita Aiperi Gadis Kirgistan yang Tak Bisa Pulang karena Pandemi, Jatuh Cinta dengan Pria Indonesia

Akan tetapi belum diketahui secara pasti apakah persyaratan yang diminta Jeenbekov bisa dipenuhi atau tidak.

Halaman:

Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X