Kompas.com - 09/10/2020, 14:52 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - China telah menandatangani kesepakatan untuk memastikan vaksin Covid-19 ke depannya didistribusikan ke negara-negara miskin.

Melalui perusahaan COVAX, China meneken perjanjian itu guna mencegah kekhawatiran negara-negara kaya membatasi distribusi obat-obatan virus corona.

Diberitakan AFP Jumat (9/10/2020), kesepakatan itu membuat China yang merupakan negara tempat virus corona pertama ditemukan, kini berperan penting dalam upaya global membagikan vaksin ke negara-negara tertinggal.

Baca juga: Rangkuman Debat Cawapres AS: Duel soal Pajak hingga Vaksin

China bergabung dengan COVAX untuk "menghormati komitmennya dalam mengubah vaksin Covid-19 menjadi barang publik global," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying soal perjanjian yang diteken pada 8 Oktober itu.

Dia tidak membeberkan rincian berapa banyak uang yang dijanjikan China untuk kesepakatan itu.

Penggalangan dana ditujukan terkumpul 2 miliar dollar AS (Rp 29,4 triliun) untuk menyediakan vaksin corona bagi 92 negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Baca juga: Debat Cawapres AS, Kamala Harris Tak Akan Gunakan Vaksin Corona dari Trump

Vaksin China "akan diberikan ke negara-negara miskin sebagai prioritas," kata Hua seraya menambahkan Beijing berharap "negara-negara yang lebih mampu juga akan bergabung dengan mendukung COVAX."

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.