Kesehatannya Masih Dipertanyakan, Trump Nekat Lanjut Kampanye pada Sabtu

Kompas.com - 09/10/2020, 11:53 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump memasukkan masker ke kantongnya, saat berdiri di Blue Room Balcony setelah pulang ke Gedung Putih pda 5 Oktober 2020. Trump sebelumnya dirawat di RS Militer Walter Reed sejak Jumat (2/10/2020) karena dinyatakan positif Covid-19. AP PHOTO/ALEX BRANDONPresiden Amerika Serikat Donald Trump memasukkan masker ke kantongnya, saat berdiri di Blue Room Balcony setelah pulang ke Gedung Putih pda 5 Oktober 2020. Trump sebelumnya dirawat di RS Militer Walter Reed sejak Jumat (2/10/2020) karena dinyatakan positif Covid-19.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Donald Trump mengatakan, dia menargetkan untuk melanjutkan kampanye pada Sabtu (10/10/2020) setelah menerima lampu hijau dari dokternya, saat Ketua DPR AS Nancy Pelosi berencana untuk menyelidiki kapasitas Trump untuk memerintah setelah terinfeksi Covid-19.

Dengan hanya 26 hari menuju pemilihan 3 November, Demokrat mengambil langkah luar biasa dengan mengusulkan komisi untuk menyelidiki kemampuan Trump untuk menjalankan pekerjaannya.

Melansir AFP pada Jumat (9/10/2020), ada juga pertimbangan tentang apakah Trump perlu dicopot berdasarkan Amandemen 25 Konstitusi, yang akan diungkapkan Pelosi dalam RUU pada Jumat.

Langkah itu dilakukan setelah Trump menghabiskan hari itu dengan mengomel terhadap kritik dan membuat jadwal debat dengan Demokrat Joe Biden menjadi kacau.

Dengan ketegangan yang meningkat atas diagnosis presiden positif Covid-19 dan pertanyaan tentang penilaian terhadapnya, Trump mengatakan dalam wawancara Fox News pada Kamis malam bahwa dia ingin mengadakan kampanye paling cepat pada Sabtu.

Baca juga: Debat Lanjutan Capres AS Trump vs Biden Masih Belum Pasti

"Saya pikir saya akan mencoba melakukan kampanye pada Sabtu malam, jika kami memiliki cukup waktu untuk melakukannya," kata Trump dalam wawancara dengan Sean Hannity.

Kemudian, ia menambahkan bahwa kampanye itu akan berlangsung "mungkin di Florida".

Trump mengatakan bahwa dia mungkin mengadakan kampanye lagi pada hari berikutnya, Minggu, di Pennsylvania.

Sebelumnya, dokter Trump telah memberinya lampu hijau untuk melanjutkan aktivitas publik pada akhir pekan ini.

"Sabtu akan menjadi hari ke 10 sejak diagnosis (Covid-19) pada Kamis. Dan berdasarkan seluruh diagnosis lanjutan yang telah dilakukan tim, saya sepenuhnya mengantisipasi kepulangan yang aman untuk presiden hingga kampanye ke depan," kata dokter di Gedung Putih, Sean Conley, dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Presiden Trump Merasa Layak Mendapatkan Nobel Perdamaian

Halaman:

Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X