Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontak dengan Menteri Positif Covid-19, PM Malaysia Isolasi Mandiri

Kompas.com - 06/10/2020, 20:50 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com – Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin akan melakukan karantina mandiri setelah kontak dengan seorang menteri positif terjangkit virus corona.

Dalam sebuah pernyataan, Senin (5/10/2020), Muhyiddin mengatakan meski sebelumnya telah menjalani tes dan dinyatakan negatif terjangkit Covid-19, dia tetap akan melakukan karantina mandiri.

Hal itu dilakukannya seperti yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan Malaysia sebagaimana dilansir dari The Straits Times.

“Ini tidak akan memengaruhi urusan pemerintahan. Saya akan terus bekerja dari rumah dan melakukan video call untuk rapat yang harus saya pimpin,” kata Muhyiddin.

Baca juga: Raih Kemenangan Krusial di Pemilu Sabah, Muhyiddin Perkuat Posisinya Sebagai PM

Muhyiddin menambahkan dia secara rutin dites swab setiap dua pekan sekali sejak April.

“Dan semua tes dipastikan negatif. Saya melakukan tiga tes Covid-19 tiga pekan lalu pada 22, 26, 29 September dan ternyata negatif," tambah Muhyiddin.

Pada Sabtu (3/10/2020), Muhyiddin memimpin pertemuan khusus para menteri untuk membahas Covid-19 di Departemen Perdana Menteri, yang dihadiri oleh para menteri termasuk Menteri Agama Malaysia Zulkifli Mohamad Al-Bakri.

Lantas pada Senin, Zulkifli mengumumkan bahwa dia telas dites dan dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Baca juga: Pemilu Sabah Jadi Ujian Besar Muhyiddin, Bagaimana Peluangnya?

Para menteri lain yang menghadiri pertemuan itu juga disarankan untuk menjalani karantina mandiri.

"Kepada semua rakyat Malaysia, saya saat ini dalam perawatan setelah dites positif Covid-19 ... kesehatan saya baik,” tulis Zulkifli dalam sebuah unggahan di Facebook.

Dia mendesak mereka yang menghadiri acara yang sama dengannya, antara 24 September hingga 4 Oktober untuk, segera menjalani tes.

Ini adalah kedua kalinya Muhyiddin harus menjalani karantina rumah.

Baca juga: Raja Malaysia di RS, Klaim Anwar Gulingkan Muhyiddin Masih Menggantung

Pada 22 Mei, Muhyiddin menjalani karantina mandiri selama 14 hari setelah seorang petugas pada pertemuan pasca-kabinet yang ia pimpin dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Hingga Senin, Malaysia telah melaporkan total kasus virus corona di Negeri Jiran tercatat sebanyak 12.813 kasus. Sedangkan jumlah korban meninggal akibat Covid-19 sebanyak 137 kematian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com