Perempuan Berdaya: Bagaimana Standar Kecantikan Berevolusi dari Era Primitif hingga Sekarang

Kompas.com - 30/09/2020, 20:05 WIB
Ilustrasi perempuan dan kecantikan gpointstudioIlustrasi perempuan dan kecantikan

KOMPAS.com - Apa yang membuat perempuan terlihat cantik? Standar kecantikan telah mengalami evolusi sepanjang sejarah, dari era paleolitik hingga modern ini.

Kecantikan itu sendiri adalah gambaran tak terbatas yang masuk ke dalam akal manusia,” kata sejarawan AS George Bancroft (1800–1891) yang dikutip dari ThoughtCo.

Berikut beberapa era perubahan yang membentuk standar kecantikan perempuan, menurut The List dan Science of People

Era paleolitik

Pada era ini, yaitu 24.000 hingga 22.000 SM, konsep kecantikan dilatarbelakangi oleh pandangan kesuburan seorang perempuan.

Gadis yang cantik didefinisikan memiliki tubuh yang berisi, payudara besar, pinggul besar, perut gemuk, karena konsep pemikiran pada zaman itu adalah tubuh yang sehat adalah yang mampu melahirkan banyak anak.

Tubuh besar yang sehat adalah yang terpenting untuk mempertahankan keturunan. Sehingga, diidamkan.

Mata cantik, bibir berlipstik merah cerah, bukan prioritas saat itu.

Salah satu contoh seni paling awal yang pernah ditemukan, merupakan simbol primitif wanita yang diidealkan yang terlihat tidak seperti gambaran model perempuan hari ini.

seni paling awal yang pernah ditemukan, merupakan simbol primitif perempuanThe List seni paling awal yang pernah ditemukan, merupakan simbol primitif perempuan

Yunani kuno

Orang Yunani kuno mendefinisikan kecantikan secara literal. Untuk dianggap "cantik", wajah perempuan harus dua pertiga lebarnya, dan kedua sisi wajah harus simetris sempurna.

Patung kuno menunjukkan kepada kita bentuk ideal cantik dalam pandangan seniman, yang menampilkan pinggul besar, payudara penuh, dan perut yang tidak terlalu rata.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X