Suhu Mencapai 54,4 Derajat Celcius, Selama 2 Hari California Lakukan Pemadaman Listrik

Kompas.com - 18/08/2020, 13:56 WIB
Papan peringatan mengenai panas ekstrem di Death Valley Ingo70/ShutterstockPapan peringatan mengenai panas ekstrem di Death Valley

SACRAMENTO, KOMPAS.com - California mengalami pemadaman listrik akibat lonjakan suhu tertinggi di antara negara lainnya yang tercatat, sebesar 54,4 derajat celcius di Taman Nasional Death Valley pada Sabtu (15/8/2020).

Catatan suhu tersebut sedang diverifikasi oleh Layanan Cuaca Nasional AS.

Suhu yang sangat tinggi tersebut terjadi di tengah gelombang panas di pantai barat AS, di mana suhu diperkirakan akan naik lebih lanjut pada pekan ini.

Melansir BBC pada Senin (17/8/2020), panasnya udara di California itu telah membuat terjadinya pemadaman listrik selama 2 hari, karena pembangkit listrik terganggu dan tidak berfungsi pada Sabtu itu.

"Panas yang menyengat dan itu ada di wajah Anda," kata Brandi Stewart, yang bekerja di Taman Nasional Death Valley, kepada BBC.

Baca juga: Tragedi Minyak Tumpah Terparah di Mauritius, Keadaan Darurat Lingkungan Diumumkan

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Stewart telah tinggal dan bekerja di taman nasional selama 5 tahun.

Dia menghabiskan banyak waktunya di dalam ruangan pada Agustus karena terlalu tidak nyaman berada di luar.

"Ketika Anda berjalan keluar, itu seperti wajah dipukul dengan sekumpulan pengering rambut. Anda merasakan panas dan itu seperti berjalan ke dalam oven dan panasnya mengelilingimu," ungkapnya.

Suhu tinggi di muka bumi sebelumnya 54 derajat celcius pernah dicatat berada di Death Valley pada 2013.

Suhu lebih tinggi lagi sebesar 56,6 derajat celcius pernah terjadi pada seabad lalu juga terjadi di Death Valley, tapi masih menjadi perdebatan.

Baca juga: Cuaca Buruk, Peluncuran Misi Uni Emirat Arab ke Mars Diundur Jadi 20 Juli

Halaman:

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X