Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadiah HUT Ke-75 RI, KBRI London Luncurkan Podcast Diaspora di Inggris

Kompas.com - 18/08/2020, 12:01 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Dalam rangka HUT RI ke-75, KBRI London memberi hadiah dengan peluncuran Podcast Diaspora di Inggris.

“Saya bangga bahwa diaspora Indonesia di Inggris dan Irlandia yang penuh solidaritas dan gotong royong untuk mempromosikan Indonesia di Inggris dan Irlandia,” demikian disampaikan anggota Dewan Penasihat BPIP, Rikard Bagun.

Ia menyampaikannya dalam sesi diskusi Sarasehan Digital bertema “Baktiku Untuk Indonesia Maju”, yang digelar KBRI London bersama para diaspora Indonesia, Senin (17/8/2020).

Baca juga: Kim Jong Un Beri Ucapan Selamat HUT Ke-75 Indonesia

Dalam sarasehan digital tersebut, Bagun yang menyampaikan perkembangan situasi di Indonesia mengajak peran serta diaspora untuk membangun negeri, meskipun berada jauh dari Ibu Pertiwi.

Rikard mengajak para diaspora untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan mengundang para diaspora mengabdikan ilmu yang telah diraih di luar negeri bagi Indonesia.

Sebab masa depan bangsa berada di tangan seluruh rakyat Indonesia termasuk para diaspora, tambahnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Masa Pandemi, KJRI Los Angeles Gelar Upacara dan Aubade Virtual untuk Rayakan HUT Ke-75 Indonesia

Kemudian KUAI RI London Adam M. Tugio mengutarakan rasa bangganya akan rasa nasionalisme yang ditunjukkan oleh diaspora, melalui kontribusi nyata untuk Indonesia Maju, salah satunya terbukti dengan adanya Sarasehan Digital ini.

“Diaspora Indonesia di Inggris tidak lupa memberikan kado manis dalam rangka peringatan HUT RI ke-75 dengan meluncurkan podcast diaspora, yang diinisiasi oleh organisasi kemasyarakatan Perhimpuan Rantau Indonesia di United Kingdom (PERIUK)."

"Podcast bertujuan sebagai jembatan komunikasi para diaspora, sekaligus upaya update informasi perkembangan positif di Tanah Air dan untuk lebih mengenalkan Indonesia kepada masyarakat di negara akreditasi,” jelas Adam di Sarasehan Digital itu.

Baca juga: HUT Ke-53 ASEAN, 150 Kotak Bantuan Covid-19 Dikirim ke Keluarga Peru

Adam juga menambahkan, HUT RI merupakan titik pangkal perjuangan bangsa Indonesia untuk merencanakan langkah-langkah yang akan kita lakukan untuk menyambut 100 tahun kemerdekaan Indonesia.

Lomba Kemerdekaan Diaspora dalam sarasehan digital yang diadakan KBRI London, Senin (17/8/2020).KBRI LONDON Lomba Kemerdekaan Diaspora dalam sarasehan digital yang diadakan KBRI London, Senin (17/8/2020).
Untuk itu, Adam mengundang seluruh diaspora untuk selalu menunjukkan bakti nyata untuk Ibu Pertiwi.

Selain peluncuran podcast, Sarasehan Digital menjadi wadah pertukaran informasi bahwa diaspora Indonesia juga akan membentuk Konsorsium Ilmuwan Indonesia-Inggris, yang akan dilaksanakan pada 21 Agustus 2020.

Baca juga: Kim Jong Un Beri Izin Kim Yo Jong Tonton Perayaan HUT AS dari DVD

Konsorsium ini merupakan inisiatif bersama KBRI London dengan 3 universitas Indonesia yakni IPB, ITB, dan UGM, serta 3 universitas Inggris  yaitu University of Nottingham, University of Warwick, dan Coventry University.

Konsorsium bertujuan untuk melaksanakan kegiatan berbagai disiplin ilmu, guna mendukung kemajuan kerja sama riset dan inovasi temasuk inovasi dalam penanganan Covid-19 dan bencana.

Sarasehan Digital ini dihadiri oleh 50 peserta dari berbagai ormas, di antaranya yaitu PERIUK, Indonesian Networking Development United Kingdom (INDUK), the Indonesian Scotland Society (TISS), Indonesia Wales Association (IWA), Bristol Indonesian Society (BIS), Konsorsium Ilmuwan Indonesia-Inggris, Oxford Indonesia Society, Persatuan Pelajar Indonesia UK, Persatuan Pelajar Indonesia Irlandia, Indonesian Irish Association, dan Young Indonesian Professionals' Association in the UK.

Baca juga: 39 Penembakan Warnai Perayaan HUT AS di New York City, 5 Orang Tewas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com