Tragedi Minyak Tumpah Terparah di Mauritius, Keadaan Darurat Lingkungan Diumumkan

Kompas.com - 10/08/2020, 16:02 WIB
Foto ini disediakan oleh Kementerian Pertahanan Prancis menunjukkan kebocoran minyak dari MV Wakashio, sebuah kapal kargo curah yang baru-baru ini kandas di lepas pantai tenggara Mauritius, Minggu (9/8/2020) AP Photo/Gwendoline DefenteFoto ini disediakan oleh Kementerian Pertahanan Prancis menunjukkan kebocoran minyak dari MV Wakashio, sebuah kapal kargo curah yang baru-baru ini kandas di lepas pantai tenggara Mauritius, Minggu (9/8/2020)

PORT LOUIS, KOMPAS.com - Mauritius menghadapi darurat lingkungan setelah sebuah kapal kargo curah MV Wakashio kandas dan menumpahkan bahan bakarnya ke lautan.

“Kami berada dalam situasi krisis lingkungan,” kata Menteri Lingkungan Mauritius Kavy Ramano sebagaimana dilansir dari The Guardian Jumat (7/8/2020).

Sementara itu Menteri Perikanan Mauritius Sudheer Maudhoo mengatakan insiden tersebut merupakan insiden pertama kali yang dihadapi negara itu.

Maudhoo menambahkan Mauritius tidak memiliki perlengkapan yang mencukupi untuk mengatasi masalah tersebut.

Para menteri mengatakan semua upaya menstabilkan kapal telah gagal karena gelombang laut yang ganas dan upaya untuk memompa minyak juga gagal.

Baca juga: 21.000 Ton Minyak Tumpah di Siberia, AS Ingin Bantu Bersih-bersih

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para ahli ekologi khawatir kapal itu bisa pecah dan akan menyebabkan kebocoran yang lebih parah.

Jika hal itu benar-benar terjadi, maka akan berpotensi menimbulkan kerusakan dahsyat di sepanjang garis pantai pulau itu.

"Kementerian telah diberitahu bahwa adanya pelanggaran di kapal MV Wakashio dan ada kebocoran minyak," kata pernyataan kementerian lingkungan.

Masyarakat Mauritius, termasuk nelayan dan operator perahu, diminta untuk tidak mendekati dan menjelajahi pantai dan laguna Blue Bay, Pointe d'Esny, dan Mahebourg.

Kapal MV Wakashio dimiliki sebuah perusahaan Jepang tetapi berbendera Panama, kandas pada 25 Juli dan awak kapalnya telah dievakuasi.

Baca juga: Rekor Telur Orak-arik Terbesar di Dunia Pecah di Mauritius

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.