5 Mitos tentang Penggunaan Masker yang Terbantahkan

Kompas.com - 09/07/2020, 22:21 WIB
Ilustrasi virus corona, Covid-19 ShutterstockIlustrasi virus corona, Covid-19

KOMPAS.com - Angka kasus pandemi virus corona terus melonjak di Amerika Serikat (AS), imbas dari beberapa negara bagian secara gegabah melonggarkan pembatasan lockdown.

Angka kasus virus corona yang masih terus meningkat tersebut, kemudian mendorong para ahli medis dan ilmuwan untuk tak hentinya mengarahkan masyarakat menggunakan masker.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari The Daily Beast Kamis (8/7/2020), disebutkan angka kasus terinfeksi virus corona ada sekitar lebih dari 3 juta orang dan angka kematiannya ada sekitar 131.000 orang.

Sementara ini, para ahli penyakit menular belum bisa memperkirakan akhir dari pandemi virus corona.

Sehingga, pusat pengendalian dan pencegahan penyakit meminta masyarakat menggunakan masker kain yang dapat mencegah droplet yang menyebar di udara.

Kepala Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, Dr Anthony Fauci mengatakan "sangat mendukung" aturan pemerintah yang mengamanatkan penggunaan masker.

Meski sangat membantu untuk mencegah penyebaran virus corona, ada banyak orang Amerika yang memprotes aturan penggunaan masker.

Melihat masih banyaknya masyarakat yang menentang aturan itu, Kepala Pelayanan Kesehatan Publik AS, Jerome Adams, mendesak masyarakat untuk dapat mengerti situasi pandemi virus corona yang terjadi saat ini.

“Tolong, tolong, tolong, kenakan masker saat Anda pergi ke tempat umum. Itu bukan ketidaknyamanan. Itu bukan penindasan terhadap kebebasan Anda,” ujar Adams.

Baca juga: Positif Corona, Presiden Brasil Jair Bolsonaro Lepas Masker dan Ingin Jalan-jalan

Adams mengungkapkan bahwa sebenarnya penggunaan masker adalah cara untuk mencapai tujuan bersama, yaitu memulihkan keadaan menjadi normal yang bisa memberikan kenyamanan untuk semua orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X