Kompas.com - 02/07/2020, 07:35 WIB
Banyak pemukim Yahudi yang mengatakan tanah di Tepi Barat adalah tanah yang diberikan Tuhan bagi mereka. GETTY IMAGES via BBC IndonesiaBanyak pemukim Yahudi yang mengatakan tanah di Tepi Barat adalah tanah yang diberikan Tuhan bagi mereka.

KOMPAS.com - Israel ingin mencaplok permukiman-permukiman di kawasan pendudukan Tepi Barat, dengan mengeklaim bahwa tanah-tanah tersebut milik mereka.

Hampir semua negara di dunia menyatakan permukiman ini ilegal, tetapi Presiden Donald Trump memberi dukungannya terhadap Israel.

Apa sesungguhnya pemukiman ini, di mana saja?

Palestina dan banyak negara menentangnya, termasuk Indonesia, tetapi bagaimana permukiman ini bisa terus bertambah luas?

Baca juga: Mengenal Tepi Barat, Wilayah yang Ingin Dianeksasi oleh Israel

Dukungan penuh dari Amerika Serikat

Negara-negara di dunia, PBB dan Uni Eropa mengatakan permukiman Israel di Tepi Barat melanggar hukum international.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di masa lalu, biasanya Amerika Serikat secara resmi setuju dengan pandangan itu. Namun pada November 2019, pemerintahan Donald Trump tak lagi menganggapnya ilegal.

Dengan dukungan AS, parlemen Israel kini bisa mengambil suara untuk menganeksasi Tepi Barat.

Baca juga: Israel Hendak Caplok Tepi Barat, Hamas Siap Kobarkan Perang

Bangsa Palestina menolak dengan keras aneksasi. Bagi mereka, ini akan mengerat wilayah tanah Palestina dan menyisakan sedikit saja dari wilayah yang sudah berantakan.

Mereka akan kehilangan tanah, yang amat vital agar bisa membentuk negara sendiri kelak.

Ilegal atau tidak, permukiman itu ada dan telah tumbuh beberapa waktu belakangan. Beginilah perubahan wilayah itu sejak Perang Arab-Israel tahun 1967.

Skema pencaplokan (aneksasi) wilayah Tepi Barat Palestina oleh Israel.BBC Indonesia Skema pencaplokan (aneksasi) wilayah Tepi Barat Palestina oleh Israel.

Skema pencaplokan wilayah Tepi Barat Palestina oleh Israel.BBC Indonesia Skema pencaplokan wilayah Tepi Barat Palestina oleh Israel.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.