Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Terus Maju di Garis Depan, Rebut Desa Dekat Chasiv Yar di Ukraina

Kompas.com - 21/04/2024, 19:11 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BOGDANIVKA, KOMPAS.com - Kementerian Pertahanan Rusia pada Minggu (21/4/2024) mengatakan, pasukannya merebut desa Bogdanivka di garis depan, tak sampai tiga kilometer dari Kota Chasiv Yar yang masih dikuasai Ukraina di timur laut.

Dalam beberapa bulan terakhir, Rusia mencatatkan sejumlah kemajuan ketikan pasukan Kyiv tertatih akibat kekurangan amunisi dari para sekutunya di Barat.

“Unit pasukan di wilayah selatan sepenuhnya membebaskan pemukiman Bogdanivka,” kata Kemenhan Rusia dalam laporan harian, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: DPR AS Gelar Pemungutan Suara untuk Beri Persetujuan Bantuan ke Ukraina

Bogdanivka terletak di antara Chasiv Yar dan Bakhmut, kota di Ukraina yang diklaim direbut sepenuhnya oleh pasukan Moskwa pada Mei 2023 dalam salah satu pertempuran paling sengit sepanjang perang Rusia-Ukraina.

Pasukan Kyiv awal bulan in mengatakan, situasi medan perang di sekitar Chasiv Yar sulit dan tegang, serta Rusia terus melancarkan tembakan.

Chasiv Yar, yang berpenduduk sekitar 13.000 jiwa sebelum perang, mayoritas wilayahnya hancur akibat pertempuran dan sebagian besar penduduknya mengungsi.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com