Kompas.com - 30/06/2020, 19:59 WIB
PLTN Flamanville, Perancis. Reuters/TelegraphPLTN Flamanville, Perancis.

PARIS, KOMPAS.com - Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fessenheim di Perancis dilaporkan resmi dimatikan pada Senin (29/2/2020).

Reaktor pertamanya ditutup pada Februari dan reaktor keduanya ditutup pada Senin pukul 21.00 waktu setempat seperti dilansir dari BBC.

PLTN Fessenheim merupakan pembangkit listrik tenaga nuklir tertua di Perancis dan telah beroperasi selama lebih dari 40 tahun. 

Baca juga: Berencana Bangun PLTN, Hongaria Beli Reaktor Nuklir dari Rusia

Penutupan PLTN tersebut merupakan puncak dari protes anti-nuklir selama bertahun-tahun.

Dengan ditutupnya PLTN tersebut, muncul sebuah pertanyaan untuk mengisi gap energi yang ditinggalkan olehnya dan bagaimana nasib para pekerjanya.

Pasalnya 70 persen pasokan energinya berasal dari nuklir. Pemerintah berkomitmen memotong ketergantungan terhadap nuklir hingga setengahnya dalam 15 tahun ke depan.

Perancis juga berjanji akan mematikan ke-12 reaktor nuklirnya pada 2035 mendatang.

PLTN Fessenheim sebelumnya sangat disorot oleh para aktivis lingkungan. Mereka protes karena PLTN tersebut terletak di dekat Sungai Rhine yang aktivitas seismiknya cukup rawan dan berisiko banjir.

Pada 2014, PLTN tersebut ditutup setelah insiden banjir internal dan ditemukannya retakan pada tutup reaktor. 

Baca juga: Terbakar 14 Jam, Kapal Selam Tenaga Nuklir Perancis Tidak Meledak, Ini Sebabnya

Faktor keselamatan PLTN Fessenheim kemudian ditinjau ulang mengingat insiden di PLTN Fukushima, Jepang yang menyedot perhatian internasional.

Halaman:

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X