Uni Eropa, Inggris, Taiwan, Kecewa China Sahkan UU Keamanan Nasional Hong Kong

Kompas.com - 30/06/2020, 19:33 WIB
Demonstran Hong Kong di Sheung Shui, perbatasan Hong Kong dengan China, pada 13 Juli 2019. REUTERS/TYRONE SIUDemonstran Hong Kong di Sheung Shui, perbatasan Hong Kong dengan China, pada 13 Juli 2019.

HONG KONG, KOMPAS.com - Uni Eropa marah besar setelah China mengesahkan UU Keamanan Nasional di Hong Kong pada Selasa (20/6/2020).

Sementara itu Inggris dan Jepang menyuarakan keprihatinannya, sebagaimana dilansir dari Reuters.

"Kami menyesalkan keputusan itu," kata Presiden Dewan Uni Eropa Charles Michel dalam konferensi pers.

"UU itu sangat berisiko merusak otonomi tinggi Hong Kong dan berdampak buruk pada independensi peradilan serta supremasi hukum."

Baca juga: Presiden Xi Jinping Tanda Tangani UU Keamanan Nasional Hong Kong

Para pihak berwenang di Beijing dan Hong Kong telah berulang kali mengatakan, UU ini ditujukan bagi beberapa "pembuat onar" di Hong Kong dan tidak akan berpengaruh ke hak dan kebebasan kota itu, atau kepentingan investor.

Terlepas dari jaminan tersebut, Uni Eropa telah memperingatkan konsekuensi serius atas UU tersebut.

Para aktivis demokrasi, diplomat, dan beberapa pebisnis khawatir akan membahayakan status semi-otonom Hong Kong serta perannya sebagai pusat keuangan global.

"Kami akan berhati-hati dalam menanggapi," ujar Ursula von der Leyen kepala Komisi Eropa, dikutip dari Reuters.

Ia menambahkan, pihaknya sedang mendiskusikan langkah-langkah tanggapan yang mungkin dilakukan dengan "mitra internasional", tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Pekan lalu Parlemen Eropa mendesak Komisi Eropa membawa China ke Mahkamah Internasional di Den Haag, badan hukum tertinggi PBB.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Reuters
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X