Terbakar 14 Jam, Kapal Selam Tenaga Nuklir Perancis Tidak Meledak, Ini Sebabnya

Kompas.com - 14/06/2020, 10:44 WIB
Kapal selam milik Angkatan Laut Perancis sedang berlabuh di pangkalan militer Toulon. Foto diambil pada 12 Juni 2020. AFP/CLEMENT MAHOUDEAUKapal selam milik Angkatan Laut Perancis sedang berlabuh di pangkalan militer Toulon. Foto diambil pada 12 Juni 2020.

TOULON, KOMPAS.com - Salah satu kapal selam Perancis bertenaga nuklir terbakar selama 14 jam. Beruntung, reaktornya dapat dilindungi sehingga tidak meledak.

Keterangan itu disampaikan Menteri Pertahanan Perancis pada Sabtu (13/6/2020).

Kapal selam tersebut sedang direnovasi di pangkalan militer Toulon. Kobaran api mulai menjalar sekitar pukul 10.30 pagi waktu setempat pada Jumat (12/6/2020).

Baca juga: Chokehold Dilarang, Polisi Perancis Merasa Terhina dan Protes Buang Borgol

Angkatan Laut Perancis mengatakan, kebakaran terjadi di bagian bawah yang sulit diakses.

Diperlukan sekitar 100 petugas pemadam kebakaran dan 150 kru pendukung untuk memadamkan api, yang berhasil dilakukan sekitar pukul 22.00 di hari yang sama

"Ada kebakaran, tapi tidak ada kecelakaan nuklir," ujar Menteri Pertahanan Florence Parly dikutip dari AFP Sabtu (13/6/2020).

Ia menambahkan, selama kebakaran itu "penanganan dilakukan di area belakang kapal untuk melindungi kompartemen reaktor nuklir."

Baca juga: Perancis Bunuh Pemimpin Al Qaeda di Afrika Utara, Abdelmalek Droukdel

AL Perancis mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini dan tidak ada risiko terpapar radiasi.

Pasalnya, bahan bakar nuklir telah dipindahkan saat renovasi La Perle, salah satu dari enam kapal selam Perancis bertenaga nuklir.

Tingkat kerusakan dan apa penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, tetapi seorang petugas di pusat perbaikan Kelompok Angkatan Laut menyebut ini insiden serius.

Halaman:

Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X