Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Berencana Uji Coba Nuklir Lagi sejak 1992

Kompas.com - 23/05/2020, 21:13 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pemerintah AS berencana melakukan lagi uji coba nuklir sejak 1992, sebagai peringatan terhadap China dan Rusia.

Dikabarkan oleh Washington Post, percobaan itu bakal menjadi peningkatan signifikan dari kebijakan pertahanan Negeri "Uncle Sam".

Tak hanya itu. Rencana ini jika digulirkan bakal memberikan reaksi dari negara kuat lain yang mempunyai persenjataan nuklir.

Baca juga: Erdogan Ancam Tutup Pangkalan Tempat Bom Nuklir AS Disimpan jika Disanksi

Analis menyatakan jika kabar ini benar, maka bakal memicu "perlombaan senjata nuklir yang belum pernah terjadi sebelumnya".

Mengutip tiga sumber, dengan dua di antaranya berstatus mantan, menerangkan bahwa pembicaraan itu sudah mulai digelar pada 15 Mei.

Pembahasan itu terjadi setelah pejabat AS mengklaim, China dan Rusia melakukan uji coba bom nuklir itu meski dalam skala rendah.

Diwartakan AFP Sabtu (23/5/2020), Moskwa dan Beijing sama-sama membantah klaim itu, dengan AS juga tak menyertakan bukti tuduhan mereka.

Sumber yang adalah pejabat senior mengungkapkan, mereka harus bisa mendemonstrasikan mampu melakukan "uji coba secara cepat".

Jika sukses, kemampuan itu bisa dijadikan bahan negosiasi untuk mendapatkan kesepakatan trilateral antara AS, Rusia, dan China.

Baca juga: Paus Fransiskus Serukan Pemimpin Dunia Enyahkan Senjata Nuklir

Pertemuan pada pekan lalu itu tidak menghasilkan apa pun, dengan ketiga sumber terbelah apakah pembahasan itu bakal dilanjutkan.

Aktivis perlucutan senjata pemusnah massal itu langsung bereaksi dan mengecam rencana itu. Antara lain Daryl Kimball kepada The Post.

"(Rencana) itu jelas akan menjadi permulaan buruk bagi perlombaan senjata nuklir yang tak disangka-sangka," kata Direktur Eksekutif Asosiasi Pengetatan Senjata itu.

Kimball menerangkan, kabar itu jelas "mengganggu" negosiasi denuklirisasi dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, yang bisa jadi akan mengabaikan moratoriumnya sendiri.

Peringatan keras juga datang dari Beatrice Fihn, anggota Kampanye Internasional untuk Penghapusan Senjata Nuklir (ICAN) yang menang Nobel 2017.

Fihn menjelaskan, rencana pemerintahan Presiden Donald Trump itu akan membuat dunia mundur kembali ke era Perang Dingin.

Baca juga: Turki Sandera Sekitar 50 Senjata Nuklir AS yang Tersimpan di Pangkalan Udara Bersama

Ilustrasi bom nuklir gravitasi AS B61.Flickr Ilustrasi bom nuklir gravitasi AS B61.

Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com