Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membuat Gorengan agar Lebih Sehat, Perhatikan Jenis Tepung

Kompas.com - 14/02/2024, 07:03 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Gorengan termasuk hidangan yang sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah minim demi kesehatan. 

Bila ingin membuat gorengan sendiri di rumah dan ingin lebih sehat, salah satu aspek yang bisa diperhatikan adalah jenis tepung yang digunakan dalam adonan celup.

Baca juga: Resep Jualan Gorengan Harga Rp 1.000, Tahu Isi Soun dan Taoge

"Saya lebih menganjurkan tepung singkong, mocaf (modified cassava flour), akan jauh lebih sehat atau jagung atau tepung almond," ucap pakar kesehatan dr. Fanny R. Imannuddin, M.Biomed (AAM), ABAARM, dilansir dari Antara, Selasa (13/2/2024).

Fanny melanjutkan, penambahan tepung beras ke dalam adonan juga sebaiknya dihindari, walaupun tepung tersebut bisa membuat tekstur gorengan lebih renyah.

"Sebaiknya murni saja karena kalau dari beras itu gluten cukup tinggi. Kalau konsumsi yang glutennya cukup tinggi, proteinnya itu nanti lengket di pencernaan akhirnya nutrisi jadi tidak lancar, tidak bisa diambil secara maksimal," terangnya.

Baca juga:

Pakai minyak kelapa untuk menggoreng

Ilustrasi minyak kelapa atau minyak sawit, mana yang lebih sehat?SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi minyak kelapa atau minyak sawit, mana yang lebih sehat?

Soal jenis minyak untuk menggoreng, ia menganjurkan untuk memilih minyak kelapa.

Menurutnya, minyak tersebut mengandung lemak jenuh yang masih dianggap sehat.

Tidak hanya itu, minyak juga sebaiknya tidak digunakan berulang-ulang, terlebih bila warnanya sampai menghitam. Hal tersebut menandakan adanya lemak trans (trans fat).

"Kalau gorengan yang kita konsumsi dari minyak yang berkali-kali dipakai, warnanya sampai berubah hitam tentunya trans fat-nya sudah tinggi. Yang kita harapkan konsumsi makanan rendah trans fat," ucapnya.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com