Kompas.com - 10/08/2022, 14:09 WIB

KOMPAS.com - Menyantap bekal makan siang merupakan waktu yang ditunggu-tungu oleh para siswa sekolah. Apalagi, semakin banyak siswa yang dibekali makanan oleh orangtua pada masa pandemi ini. 

Kegiatan menyantap bekal makan siang di sekolahan ini tidak hanya dilakukan di Indonesia saja, tetapi juga di berbagai negara di dunia.

Berbeda dengan siswa di Indonesia yang kerap membawa bekal dari rumah, di luar negeri para siswa sudah disediakan makan siang khusus dari pihak sekolah.

Simak beragam jenis bekal sekolah anak dari 10 negara di dunia dikutip dari laman Insider berikut ini. 

Baca juga:

1. Perancis

Bekal makanan yang disantap oleh para pelajar di Perancis terdiri dari empat hidangan. Santapan pertama dibuka dengan salad sayur yang segar. 

Setelah itu disusul dengan protein dari salmon dan sayur dari brokoli panggang. Selain itu ada juga hidangan seperti keju, selai, dan roti segar.

Sebagai hidangan penutup, biasanya pelajar di Perancis makan permen manis sebelum kembali masuk ke dalam kelas.

Makan siang di Perancis mengutamakan kesegaran bahan dan tinggi nutrisi. Umumnya makan siang siswa tidak boleh berisi makanan olahan. 

2. Finlandia

Finlandia merupakan negara pertama di dunia yang menyediakan makan siang gratis untuk setiap siswa. Tidak hanya itu, standar nutrisi pada makanan yang disediakan pun termasuk tinggi.

Makan siang yang disajikan di Finlandia terdiri dari salad bit, lobak panggang, dan olahan biji-bijian seperti crepe lingonberry.

Tidak hanya itu, ada juga protein berupa hernekeitto atau sup kacang polong, serta roti bertekstur renyah atau nekkileip sebagai makanan pendamping.

3. Korea Selatan

Dosirak atau bekal makanan khas Korea. Dok. Wikimedia/????? Dosirak atau bekal makanan khas Korea.

Siswa di Korea Selatan biasanya mengambil makanan dalam nampan besi yang sudah diatur porsinya.

Bagian yang paling besar diisi dengan nasi, bagian berbentuk bulat dan cekung khusus untuk makanan berkuah seperti sup, dan bagian paling kecil khusus untuk kimchi, sayuran, dan daging.

Ada juga yang membawa bekal makanan di kotak makan stainless steel atau disebut dosirak di Korea Selatan. 

Baca juga:

4. Ethiopia

Mkan siang pelajar di Ethiopia sebagian besar menggunakan bahan dasar nabati. Beberapa makanan yang disediakan seperti lentil pedas, zuccini, kik alicha atau kacang polong kuning, dan roti pipih yang sudah difermentasi.

5. Hawaii

Santapan makan siang pelajar di Hawaii direalisasikan berkat program pertanian untuk sekolahan.

Makanan yang dibuat berasal dari bahan baku lokal yang masih segar, agak berbeda dengan makan siang di negara bagian lain Amerika Serikat. 

Beberapa makanan yang disediakan untuk siswa seperti tumis ayam, sayuran, dan roti panggang.

Baca juga:

6. Ukraina

Ada tiga bagian hidangan makan siang yang disantap oleh siswa di Ukraina. Pertama yaitu hidangan sup seperti borscht, sajian sup berbahan dasar daging sapi dengan kubis dan bit merah.

Setelah itu dilanjutkan dengan daging pati seperti sosis panggang dan varenyky atau pangsit isi kentang dan keju. Terakhir, mereka menyantap biskuit shortbread sebagai hidangan penutup.

7. Amerika Serikat

Menu makan siang siswa di Amerika Serikat terdiri dari roti gandum yang dioles keju panggang, sup tomat krim, wortel, dan buah.

Sebagai hidangan penutup, siswa di Amerika Serikat menyantap brownies sebelum masuk ke kelas.

Makan siang siswa di Amerika Serikat sering kali jadi perhatian karena mengandung banyak makanan olahan seperti nugget dan sosis

Halaman:
Sumber insider


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.