Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Alasan Teh Jadi Minuman untuk Acara Keluarga Indonesia

Kompas.com - 09/08/2022, 10:36 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Keberadaan teh pada masyarakat tidak hanya dianggap sebagai suatu minuman pendamping saat menyantap camilan.

Teh juga berperan sebagai hidangan untuk acara kebersamaan seperti kumpul keluarga.

Juri National Tea Competition 2022 sekaligus founder Teh Nusantara Muhammad Ashfiya mengatakan bahwa masyarakat Indonesia dari dulu tidak pernah bisa dipisahkan dari teh.

"Teh sudah ada sejak zaman dahulu dan saat ini usianya sudah lima ribu tahun," kata Ashfiya kepada Kompas.com saat acara Jakarta Tea Passport di Lemondishcofish, Kemang, Jakarta Selatan pada Minggu (31/7/2022).

Lebih lanjut dijelaskan ada dua alasan teh dijadikan sebagai sajian saat acara kebersamaan seperti kumpul keluarga.

Baca juga:

1. Bisa untuk semua umur

Dibanding jenis minuman lain seperti kopi ataupun susu, Ashfiya menilai teh termasuk minuman yang dapat diterima oleh semua kalangan.

"Kenapa teh itu minuman umum? Teh bisa untuk semua umur dan dihidangkan untuk kaluarga, teh juga bisa membangun kebersamaan. Sederhananya, anak kecil hingga orang tua bisa minum teh," katanya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa teh umumnya dapat ditemui hampir di setiap rumah, dan kerap disajikan saat ada tamu yang datang. 

Baca juga:

Ilustrasi seduhan black tea pada acara Jakarta Tea Passport.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Ilustrasi seduhan black tea pada acara Jakarta Tea Passport.

2. Punya manfaat kesehatan

Ashfiya mengatakan bahwa teh yang dihidangkan tidak hanya bisa melepas dahaga.

Teh bermanfaat untuk kesehatan bila diseduh dengan cara yang benar.

Marketing Pasar Teh Ayu Rizki juga mengatakan bahwa teh punya banyak manfaat, seperti kaya antioksidan dan bisa juga jadi minuman saat diet.

"Kalau mau teh yang mengandung antioksidan, bisa pakai white tea, kalau mau diet juga ada green tea," kata Ayu kepada Kompas.com saat acara Jakarta Tea Passport pada Minggu (31/7/2022).

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com