Kompas.com - 09/08/2022, 10:36 WIB

KOMPAS.com - Keberadaan teh pada masyarakat tidak hanya dianggap sebagai suatu minuman pendamping saat menyantap camilan.

Teh juga berperan sebagai hidangan untuk acara kebersamaan seperti kumpul keluarga.

Juri National Tea Competition 2022 sekaligus founder Teh Nusantara Muhammad Ashfiya mengatakan bahwa masyarakat Indonesia dari dulu tidak pernah bisa dipisahkan dari teh.

"Teh sudah ada sejak zaman dahulu dan saat ini usianya sudah lima ribu tahun," kata Ashfiya kepada Kompas.com saat acara Jakarta Tea Passport di Lemondishcofish, Kemang, Jakarta Selatan pada Minggu (31/7/2022).

Lebih lanjut dijelaskan ada dua alasan teh dijadikan sebagai sajian saat acara kebersamaan seperti kumpul keluarga.

Baca juga:

1. Bisa untuk semua umur

Dibanding jenis minuman lain seperti kopi ataupun susu, Ashfiya menilai teh termasuk minuman yang dapat diterima oleh semua kalangan.

"Kenapa teh itu minuman umum? Teh bisa untuk semua umur dan dihidangkan untuk kaluarga, teh juga bisa membangun kebersamaan. Sederhananya, anak kecil hingga orang tua bisa minum teh," katanya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa teh umumnya dapat ditemui hampir di setiap rumah, dan kerap disajikan saat ada tamu yang datang. 

Baca juga:

Ilustrasi seduhan black tea pada acara Jakarta Tea Passport.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Ilustrasi seduhan black tea pada acara Jakarta Tea Passport.

2. Punya manfaat kesehatan

Ashfiya mengatakan bahwa teh yang dihidangkan tidak hanya bisa melepas dahaga.

Teh bermanfaat untuk kesehatan bila diseduh dengan cara yang benar.

Marketing Pasar Teh Ayu Rizki juga mengatakan bahwa teh punya banyak manfaat, seperti kaya antioksidan dan bisa juga jadi minuman saat diet.

"Kalau mau teh yang mengandung antioksidan, bisa pakai white tea, kalau mau diet juga ada green tea," kata Ayu kepada Kompas.com saat acara Jakarta Tea Passport pada Minggu (31/7/2022).

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.