Kompas.com - 26/07/2022, 08:10 WIB

KOMPAS.com - Ketan srikaya adalah kue tradisional khas Sumatera Barat yang kerap disajikan saat acara syukuran, acara adat, dan acara pernikahan. Orang Minang biasa menyebut kue ini dengan nama katan sarikayo.

Ketan srikaya terdiri dari dua lapisan. Lapisan bawah diisi dengan ketan putih pulen, sedangkan lapisan atas diisi dengan srikaya berwarna coklat.

Makanan khas minang ini rasanya legit dan bertekstur kenyal. Saat proses pembuatan, biasanya adonan akan dicetak di dalam talam dan dipotong kecil-kecil saat disajikan.

Coba sajikan ketan srikaya khas minang sebagai kudapan teman minuman teh pada sore hari.

Resep ketan srikaya bisa dilihat di buku "Jajanan Kaki Lima Khas Padang" (2009) karya Linda Carolina Brotodjojo terbitan PT Gramedia Pustaka Utama berikut. 

Baca juga:

Resep ketan srikaya

Bahan ketan srikaya:

  • 3 butir telur ayam
  • 250 gram gula merah (sisir halus)
  • 250 mililiter santan kental (dari 1 butir kelapa)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan (ikat)
  • 1 sendok teh air jahe
  • 1/2 sendok teh vanila bubuk

Bahan ketan:

  • 300 gram beras ketan putih (rendam 1 jam di dalam air)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan
  • 150 mililiter santan (dari 1/2 butir kelapa)

Baca juga:

Cara membuat ketan srikaya:

1. Masak santan dan gula merah di dalam panci menggunakan api kecil sembari diaduk hingga mendidih. Setelah itu sisihkan.

2. Kocok telur hingga mengembang lalu masukkan ke dalam panci berisi campuran gula merah. Masak sembari diaduk hingga rata, lalu tuang semua sisa bahan srikaya. 

3. Dinginkan adonan srikaya bersama ketan.

Baca juga:

Cara membuat ketan:

1. Kukus ketan di dalam dandang hingga setengah matang, lalu angkat dan sisihkan.

2. Masak santan, garam, dan daun pandan sembari diaduk hingga mendidih dan harum. Setelah itu masukkan ketan kukus dan aduk hingga santan meresap. 

3. Tuang ketan ke dalam wadah tahan panas, lalu tuang adonan srikaya di atas ketan.  Kukus ketan srikaya di dalam dandang panas hingga matang. 

Buku " Jajanan Kaki Lima Khas Padang" (2009) karya Linda Carolina Brotodjojo terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli secara online di Gramedia.com. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.