Kompas.com - 25/07/2022, 21:26 WIB

KOMPAS.com - Teh talua atau teh telur merupakan minuman khas Sumatera Barat yang dibuat dari campuran teh hangat dan telur mentah.

Meskipun bahan yang digunakan tampak sederhana, tetapi ada teknik khusus yang dilakukan saat mengocok telur supaya tidak meninggalkan bau dan rasa amis.

Caranya yaitu kocok telur di dalam gelas secara satu arah dengan cepat dan konstan hingga teksturnya mengembang dan berbusa. Selain itu beri sedikit perasan jeruk nipis untuk penambah rasa.

Apabila kamu ingin mencoba membuat teh talua di rumah, sebaiknya gunakan telur bebek atau bisa juga pakai telur ayam kampung.

Hal ini dikatakan oleh Dani, penjual teh talua di acara Festival Budaya Minang Luhak Nan Tigo 2022 pada Jumat (22/7/2022).

Resep teh talua khas Sumatera Barat bisa dilihat di buku "Jajanan Kaki Lima Khas Padang" (2009) karya Linda Carolina Brotodjojo terbitan PT Gramedia Pustaka Utama berikut.

Baca juga:

Resep teh telur

Bahan teh telur:

  • 2 sendok teh bubuk teh
  • 300 mililiter air
  • 1 butir kuning telur (telur ayam kampung atau telur bebek)
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 1 iris jeruk nipis 

Baca juga:

Cara membuat teh telur padang:

1. Rebus teh dengan air hingga mendidih, setelah itu kecilkan api.

2. Campur kuning telur dan gula di dalam gelas, lalu aduk dengan sendok hingga kuning telur berbuih dan berwarna agak putih. Setelah itu tuang teh mendidih ke dalam gelas berisi kocokan telur.

3. Aduk telur dan teh hingga tercampur rata, lalu beri sedikit air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis telur. Teh talua siap disajikan dalam keadaan hangat. 

Baca juga:

Buku "Jajanan Kaki Lima Khas Padang" (2009) karya Linda Carolina Brotodjojo terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli secara online di Gramedia.com. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.