Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Membuat Daging Brisket Asap, Ide Bisnis Rumahan

Kompas.com - 22/03/2022, 20:06 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Daging brisket atau sandung lamur yang diolah menggunakan teknik pengasapan biasanya datang dalam kondisi yang berbeda-beda.

Ada daging brisket yang kondisinya masih segar karena baru disembelih, ada juga yang datang dalam keadaan beku setelah disimpan di freezer.

Daging brisket beku sebaiknya didiamkan di bawah air mengalir untuk mencairkan butiran es yang menempel. Setelah daging mencapai suhu ruang, barulah siap untuk diolah menjadi daging asap.

Saran tersebut disampaikan oleh butcher sekaligus pemilik usaha perlengkapan barbeku Dean Hart's BBQ & Co. Yudhistira Hartanto.

Saat ditemui oleh Kompas.com di rumah produksi Dean Hart's BBQ & Co., Tangerang pada Kamis (17/3/2022), Yudhis menjelaskan cara mengolah daging brisket untuk diasap.

Daging brisket asap bisa dijadikan sebagai ide bisnis rumahan.

Baca juga:

Daging sapi bagian brisket yang diasap selama lebih kurang 12 jam.DOK. DEAN HART'S BBQ & CO. Daging sapi bagian brisket yang diasap selama lebih kurang 12 jam.

1. Proses marinasi daging

Daging yang akan dimarinasi harus dalam keadan kering supaya bumbu tidak terbuang bersama air yang masih menempel pada permukaan daging.

Setelah daging kering, siapkan bumbu marinasi. Langkah pertama yaitu mengolesi bahan pelekat bumbu pada daging.

Kamu bisa menggunakan olesan saus mustard atau madu pada semua sisi daging brisket. Selain memudahkan bumbu untuk meresap, madu atau mustard dapat menambah cita rasa daging.

Setelah itu, campurkan lada hitam dan garam kasar di dalam mangkuk berukuran besar, lalu lumuri ke semua sisi daging brisket.

Pada tahap ini kamu perlu memastikan bahwa daging brisket tertutup sempurna oleh bumbu.

Baca juga:

Daging sapi bagian brisket yang sudah diasap lebih kurang 12 jam.DOK. DEAN HART'S BBQ & CO. Daging sapi bagian brisket yang sudah diasap lebih kurang 12 jam.

2. Persiapan sebelum pengasapan daging

Daging yang dimarinasi sebaiknya didiamkan beberapa saat sebelum dimasukkan ke dalam alat barbeku. Lakukan hal ini sembari menunggu temperatur alat mencapai suhu 100 hingga 150 derajat celsius. 

Setelah alat mencapai suhu yang diinginkan, kamu bisa memasukkan daging yang sudah dimarinasi.

Kamu bisa membungkus daging dengan aluminium foil terlebih dahulu maupun tidak.

Aluminium foil dapat berfungsi untuk menampung kaldu daging saat pengasapan agar tidak terbuang.

Daging yang dibalut dengan alumnium foil teksturnya menjadi lembut dan lembab karena masih ada cairan yang menyelimuti daging.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com