Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/12/2021, 16:06 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam beberapa metode masak, marinasi atau proses membumbui bahan makanan merupakan satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan.

Salah satu metode masak yang membutuhkan marinasi bahan makanan adalah barbeque (BBQ) atau barbeku.

Teknik memasak dengan mengandalkan uap pembakaran ini mengenal dua jenis marinasi, yaitu brine atau marinasi basah dan dry marinade atau marinasi kering.

I Made Wisnu Adiyatma, Executive Chef di Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa mengatakan, durasi tiap jenis marinasi tersebut berbeda.

Durasi marinasi mempengaruhi hasil

Marinasi basah membutuhkan waktu selama 6-24 jam perendaman, sedangkan marinasi kering hanya memerlukan 5-10 menit untuk mendiamkan bahan makanan.

Perbedaan durasi dari masing-masing jenis marinasi ini penting diperhatikan karena akan memengaruhi hasil akhir barbeque.

"Misalnya kayak beef steak, kita ingin barbeque beef steak. Kebanyakan yang kita gunakan itu dry marinate. Jadi kita kasih garam, merica, dan bumbu lainnya dan didiamkan beberapa saat," ujar Wisnu pada Kompas.com, Senin (27/12/2021).

ilustrasi brine sebelum barbeku. jenis marinasi basah menggunakan larutan. SHUTTERSTOCK/Alyona Popik ilustrasi brine sebelum barbeku. jenis marinasi basah menggunakan larutan.

Menurut Wisnu, garam dan bahan lain yang tercampur dalam marinasi kering berfungsi untuk menarik cairan dalam daging ke luar dan menghilangkan kelembabannya.

"Jadi kita bisa mematangkan dengan cara yang benar," kata Wisnu.

Meski durasi marinasi kering cenderung singkat, Wisnu mengatakan bahwa taburan garam tersebut mampu menambah rasa asin pada daging tanpa merubah warnanya.

"Kalau kita mau masak daging kan penginnya warnanya merah gitu ya, pink gitu. Kalau sudah meresap air itu jadi pucat warnanya makanya kita gunakan dry marinate," jelas Wisnu.

Baca juga:

Beda bagian daging, beda teknik marinasi

Sementara itu, bagian daging sapi lainnya, seperti brisket, justru membutuhkan marinasi basah dengan durasi panjang.

Wisnu menuturkan, jumlah jaringan otot pada brisket cukup banyak dan memiliki tekstur yang keras sehingga membutuhkan proses marinasi lebih lama.

"Dalam proses masak ini akan ada banyak cairan yang terbuang jadi harus ditambah cairan dulu biar tidak terlalu kering," tuturnya.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com