Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Balur Dada Ayam dengan Tepung agar Menempel dan Tidak Rontok

Kompas.com - 20/03/2022, 20:12 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu cara terbaik mengolah dada ayam yakni dengan menggorengnya. Dalam pengolahannya dada ayam goreng biasanya dibalur tepung terlebih dulu.

Cara membalur dada ayam dengan tepung sebetulnya mudah. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tepung tidak rontok saat digoreng.

Baca juga:

Dikutip dari The Spruce Eats, berikut cara melapisi ayam dengan tepung agar tidak rontok.

Ilustrasi daging ayam fillet yang dibumbui dan dihaluskan. SHUTTERSTOCK/ Anetlanda Ilustrasi daging ayam fillet yang dibumbui dan dihaluskan.

1. Keringkan dulu

Sebelum dilapisi dengan tepung, dada ayam perlu dikeringkan dulu menggunakan tisu dapur. Hal ini dilakukan agar tepung lebih mudah menempel.

Baca juga:

2. Celupkan pada kocokan telur

Dada ayam yang akan dibalur tepung perlu dicelupkan dulu ke dalam telur. Telur tersebut dapat diberi tambahan sedikit air atau susu untuk memperkaya cita rasanya.

3. Balur sambil ditepuk-tepuk

Ilustrasi chicken katsu. DOK.SHUTTERSTOCK/K321 Ilustrasi chicken katsu.

Cara membalur dada ayam dengan tepung sederhana. Setelah dicelupkan pada telur, dada ayam bisa langsung dimasukkan ke dalam tepung roti.

Pastikan untuk menggunakan sarung tangan agar rempahan tepungnya tidak menempel di jari-jari tangan.

Baca juga:

Saat membalur, baiknya sambil ditepuk-tepuk supaya menempel. Namun jangan terlalu padat agar dada ayam tidak kering dan keras.

4. Simpan di lemari es

Dada ayam yang telah dibalur tepung baiknya disimpan kembali di dalam kulkas agar tidak rontok. Penyimpanan dapat dilakukan sekitar 15-30 menit.

Sebelum digoreng, keluarkan dulu dari lemari es dan biarkan dalam suhu ruang sekitar 15 menit. Selanjutnya, goreng dalam minyak panas hingga coklat keemasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com