Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Membuat Bubur Sumsum Lembut dan Mengilap, Gunakan Sedikit Tepung Sagu

Kompas.com - 20/03/2022, 10:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Bubur sumsum biasa dinikmati di pagi hari untuk sarapan. Bahan bubur sumsum yang utama adalah tepung beras dan santan.

Cara membuat bubur sumsum lembut dan gurih terbilang mudah. Namun, kamu perlu memerhatikan beberapa hal agar hasilnya tidak berujung gagal.

Salah satunya adalah kunci membuat bubur sumsum lembut dan mengilap dengan menggunakan sedikit tepung sagu.

Simak penjelasan seputar cara bikin bubur sumsum berikut ini.

Baca juga:

Ilustrasi semangkuk bubur sumsum, hidangan khas Jawa terbuat dari tepung beras. SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJO Ilustrasi semangkuk bubur sumsum, hidangan khas Jawa terbuat dari tepung beras.

1. Gunakan tepung beras berkualitas bagus

Dilansir dari buku “Homemade Snacks & Desserts ala Xander's Kitchen (SC)” (2020) oleh Junita terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, gunakan tepung beras berkualitas bagus.

Pasalnya, penggunaan tepung beras memengaruhi hasil dari bubur sumsum. Jelas saja, tepung beras dalam kondisi tidak baik bisa membuat bubur sumsum bau apek dan mudah basi.

Baca juga:

2. Cara larutkan tepung beras dan santan

Cara bikin bubur sumsum yang selanjutnya adalah larutkan tepung beras dan santan dengan benar.

Pastikan kamu melarutkan tepung beras hingga larut agar bubur sumsum tidak menggumpal.

Ditambahkan dari buku “Cooking With Love ala Dapur Momychaa” (2019) oleh Icha Irawan terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, kamu bisa menggunakan sumpit untuk mengaduk adonan bubur sumsum agar lembut dan tidak bergerindil.

Ilustrasi gempol, olahan tepung beras kukus yang disajikan dengan bubur sumsum gula merah. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasi gempol, olahan tepung beras kukus yang disajikan dengan bubur sumsum gula merah.

3. Tambahkan sedikit tepung sagu atau tapioka

Masih dalam buku “Cooking With Love ala Dapur Momychaa” (2019) oleh Icha Irawan yang sama, cara buat bubur sumsum lembut dan mengilap dengan menambahkan sedikit tepung sagu atau tapioka.

Selain itu, penggunaan tepung sagu atau tapioka juga bisa menghilangkan bau langu dari tepung beras.

Baca juga:

4. Masak bubur sumsum sampai matang

Cara membuat bubur sumsum agar tidak bau langu adalah masak bubur sumsum sampai benar-benar matang agar tepung tidak terasa mentah.

Buku “Homemade Snacks & Desserts ala Xander's Kitchen (SC)” (2020) oleh Junita terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

Buku “Cooking With Love ala Dapur Momychaa” (2019) oleh Icha Irawan terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com