Kompas.com - 22/02/2022, 16:06 WIB

KOMPAS.com - Bebek peking yang merupakan bebek panggang dinamai dari Beijing. Namun, asal bebek peking adalah Nanjing, dulu merupakan ibu kota China sebelum pindah ke Beijing.

Menurut The Culture Trip, istana kekaisaran pada Dinasi Ming pindah ke Beijing sembari membawa hidangan bebek peking.

Bebek peking pada abad pertengahan merupakan hidangan kerajaan di China, seperti dikutip dari China Highlights. Namun, bebek peking mulai menyebar ke masyarakat biasa seiring berjalannya waktu.

Cara masak bebek peking secara tradisional membutuhkan waktu sekitar tiga hari dan harus dimasak menggunakan oven terbuka berbahan bakar kayu aromatik.

Kamu dapat membuat bebek peking menggunakan oven rumahan dengan durasi masak sekitar dua hari.

Baca juga:

Ilsutrasi bebek peking panggang.Dok. HOLIDAY INN & SUITES JAKARTA GAJAH MADA Ilsutrasi bebek peking panggang.

Cara masak bebek peking pakai oven rumahan

Hidangan bebek peking tentunya harus menggunakan bebek peking. Menurut pantauan Kompas.com, harga satu ekor bebek peking beku  mulai dari Rp 50.000.

Setelah mendapatkan bebek peking ikuti langkah berikut:

  1. Bikin lubang kecil di bagian bawah bebek dan keluarkan jeroannya. Kemudian cuci bebek. Letakkan bebek di atas rak.
  2. Rebus air sebanyak satu panci sampai mendidih. Tuang air mendidih ke seluruh permukaan bebek. Cara ini membuat kulit bebek susut dan kencang. Sisihkan.
  3. Campur soy sauce, wine masak, dan garam di dalam mangkuk. Kemudian lumurkan dan pijat ke permukaan bebek. Diamkan selama sekitar satu jam.
  4. Campur madu dengan air. Oleskan pada kulit bebek. Cara ini membuat kulit bebek lebih renyah saat dipanggang. Kamu dapat melakukan langkah ini lebih dari satu kali.
  5. Letakkan bebek di atas piring atau nampan tanpa penutup. Simpan bebek di dalam kulkas selama semalaman atau lima hingga enam jam agar kulitnya mengering.
  6. Masukkan bebek ke dalam oven bersuhu 180 derajat celsius. Panggang bebek selama lebih kurang 40 menit sampai kulitnya kecoklatan dan mengilap. Angkat dan segera sajikan.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.