Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Masak Daging Bebek yang Tepat, Saran dari Penjual

Kompas.com - 18/12/2021, 20:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Kenikmatan olahan daging bebek memang tidak ada duanya. Bebek yang ada di restoran biasanya memiliki tekstur yang empuk dan beraroma lezat.

Kalau kamu sedang ingin belajar membuat masakan dengan bebek di rumah. Ada cara masak daging bebek yang empuk dan tidak amis.

Tentu saja, memasak bebek perlu teknik khusus agar hasilnya enak. Berikut, tips mengolah bebek yang tepat saran dari penjual olahan bebek.

Baca juga:

Salah satu menu di Bebek Kaleyo, Tebet.DOK. FACEBOOK/NEW BEBEK KALEYO OFFICIAL Salah satu menu di Bebek Kaleyo, Tebet.

1. Lakukan proses pencucian yang tepat

Dihubungi oleh Kompas.com, Gustaf selaku Product Manager Bebek Kaleyo memberikan penjelasan seputar cara memasak daging bebek.

Pertama adalah lakukan proses pencucian yang tepat. Pastikan daging bebek bersih dari kotoran dan bulunya hilang dari kulit.

2. Rebus dengan rempah-rempah

Daging bebek memiliki bau yang khas, sering kali bau ini menggangu saat diolah atau dihidangkan. Oleh karena itu, hilangkan bau daging bebek dengan menggunakan rempah.

Gustaf mengatakan kalau Bebek Kaleyo menggunakan rempah-rempah seperti jahe dan lengkuas untuk menghilangkan bau amis bebek.

3. Lumuri bebek dengan air jeruk nipis

Christian Bagus Wibowo selaku pemilik Djangkep di Surabaya mengatakan kalau melumuri daging bebek dengan air jeruk nipis juga bisa menghilangkan bau amis bebek.

Baca juga:

Ilustrasi gulai bebek. Dok. Sajian Sedap Ilustrasi gulai bebek.

4. Rebus selama dua sampai tiga jam

Setelah bebek dilumuri dengan air jeruk nipis atau direbus dengan rempah-rempah. Saatnya merebus bebek hingga matang.

Rebus selama dua sampai tiga jam bebek dalam panci dengan api kecil. Penggunaan api kecil membuat bebek matang dan empuk secara merata dan tidak membuat air dalam panci cepat menyusut.

5. Jangan buka tutup panci

Selama proses merebus daging bebek, Gustaf menyarankan untuk tidak membuka tutup panci. Hal ini agar daging bebek bisa matang sempurna.

6. Cara goreng daging bebek

Setelah daging bebek diproses hingga matang dan empuk. Kamu bisa mengolahnya kembali dengan cara digoreng untuk membuat sajian bebek goreng empuk.

Melansir dari laman Kompas.com yang tayang pada Jumat (13/12/2019), koki dari Restoran Ayam Bebek Angsa Masak di Kuali, Narko membagikan cara menggoreng daging bebek yang benar.

Tidak perlu waktu yang lama untuk menggoreng daging bebek. Menggoreng daging bebek yang terlalu lama bisa membuat bagian luarnya cepat gosong.

Baca juga: Tips Mengolah Daging Bebek Jadi Empuk dan Tidak Bau Amis

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kompas.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com