Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulik Usaha Rolade Daun Singkong di Salatiga, Bisa untuk Oleh-oleh

Kompas.com - 22/02/2022, 13:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Rolade daun singkong merupakan lauk makan atau camilan yang berasal dari daerah Jawa Tengah, khususnya di Salatiga dan Ungaran.

Berbeda dengan rolade ayam, rolade daun singkong terbuat dari bahan utama daun singkong dan tahu putih. Tahu dilumatkan hingga halus dan daun singkong direbus hingga empuk.

Di Salatiga, ada usaha rumahan yang menawarkan rolade daun singkong. Namanya, Rollade Dhong Pohung Mbok Maneh.

Mengulik usaha rolade daun singkong di Salatiga ini lebih jauh, simak ceritanya yang menarik untuk ketahui.

Baca juga:

Seputar usaha rolade daun singkong frozen

Dihubungi oleh Kiki Widyaningsih selaku pemilik Rollade Dhong Pohung Mbok Maneh di Salatiga menyebutkan kalau Mbok Maneh merupakan pengembangan usaha dari yang sudah ada.

“Jadi, Mbok Maneh itu tidak hanya menjual rolade saja, tetapi ada ada jajanan tradisional lainnya. Usaha ini berawal dari teman yang bikin rolade daun singkong trus ditawar-tawarkan.” ujarnya kepada Kompas.com pada Kamis (17/02/2022).

Dengan kegigihan, Kiki menjual rolade daun singkong hingga ke Yogyakarta dengan menawarkan ke restoran-restoran yang ada di sana.

Baca juga:

“Aku tawarkan ke restoran yang ada di Jogja, rejekinya Mbok Maneh pertama kali masuk ke restoran yang ada di sana itu di The House of Raminten” imbuhnya.

Rolade daun singkong dari usaha Kiki kemudian diolah menjadi menu makanan lezat yang unik.

“Di sana, rolade daun singkong diolah lagi menjadi menu makanan yang unik dengan bahan lainnya.” jelasnya.

Rolade daun singkong frozen di Rollade Dhong Pohung Mbok Maneh di Salatiga.DOK.INSTAGRAM/mbok_maneh Rolade daun singkong frozen di Rollade Dhong Pohung Mbok Maneh di Salatiga.

Pada saat pandemi tiba, usaha rolade daun singkong milik Kiki ini mulai menawarkan rolade frozen.

“Waktu pandemi datang itu akhirnya kita bikin rolade daun singkong frozen yang aman dibawa selama perjalanan. Soalnya rolade itu memang gampang basi. Jadi, kalau dibuat frozen itu bikin lebih awet.” katanya.

Kiki mengaku kalau rolade daun singkong buatannya aman dibawa selama 36 jam di perjalanan.

“Rolade daun singkong yang kita jual itu dikukus sampai tanak atau matang betul, makanya enggak gampang basi. Soalnya kalau dikukus enggak sampai tanak, bikin rolade gampang basi atau muncul warna kuning pada daunnya.” jelasnya.

Baca juga:

Dalam penuturannya, kiki menjelaskan kalau rolade daun singkong di usahanya terbuat dari tahu putih, daun singkong rebus, dan bumbu halus agar cita rasanya lebih lezat.

Harga dari rolade Mbok Maneh ini dihargai sebesar Rp 9.000 per gulungnya.

Kalau kamu ingin membeli rolade daun singkong ini bisa langsung ke Jalan Nanggulan Nomor 49, Kutowinangun Kidul, Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com