Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/02/2022, 11:03 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Tape singkong merupakan makanan dari hasil proses fermentasi singkong menggunakan ragi. Proses tersebut membuat singkong memiliki rasa manis asam dan teksturnya lembek.

Di Indonesia, tape singkong dimakan langsung atau diolah menjadi banyak makanan. Salah satunya, prol tape dan bolu tape.

Keduanya makanan jadul tersebut sama-sama memiliki bahan utama tape singkong. Lantas, apa beda prol tape dan bolu tape? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga:

Apa beda prol tape dan bolu tape?

Ilustrasi prol tape keju.DOK.SAJIANSEDAP Ilustrasi prol tape keju.

Dalam sebuah wawancara melalui sambungan telepon, Maria Yanti selaku pemilik Brownies Bundakoe menjelaskan seputar perbedaan prol tape dan bolu tape.

Menurutnya, prol tape adalah bolu bantat yang punya tektur padat tetapi lembut. Berbeda dengan bolu tape yang punya tekstur empuk dan mengembang.

“Selain itu, bolu tape itu dibuat dengan menggunakan bahan pengembang kayak baking powder, baking soda. Sementara prol tape tidak menggunakannya.” ungkapnya kepada Kompas.com pada Minggu (13/02/2022).

Baca juga:

Ilustrasi bolu tape keju. Dok. Sajian Sedap Ilustrasi bolu tape keju.

Dalam penuturannya, Maria juga mengatakan kalau bolu tape dibuat dengan menggunakan kocokkan telur sebagai pengembang adonan.

“Cara membuat bolu tape sama prol tape juga beda. Kalau saya, enggak pernah berhasil bikin bolu tape tanpa mikser. Jadi selalu pakai mikser. Nah, kalau prol tape ini sendiri berhasil dibuat walau tanpa mikser.” tuturnya.

Penggunaan tape singkong lebih banyak pada saat membuat prol tape dibandingkan dengan bolu tape. Hal ini yang membuat cita rasanya asam manis dan bau aromanya khas.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com