Kompas.com - 22/10/2021, 20:09 WIB
Salah satu varian bolu bakar di Egso Kitchen, Surabaya. DOK.INSTAGRAM/EGSO_KITCHENSalah satu varian bolu bakar di Egso Kitchen, Surabaya.

KOMPAS.com - Sebagian dari kamu mungkin asing dengan menu bolu bakar. Biasanya bolu dimasak dengan cara dikukus atau dipanggang. Setelah itu, diberi aneka topping atau dimasak langsung.

Di Surabaya, ada toko roti online bernama Egso Kitchen yang menawarkan bolu bakar dengan topping kekinian yang melimpah ruah.

Bolu bakar ini sebenarnya adalah adonan bolu yang dicetak dengan loyang roti tawar kemudian dipanggang.

Bentuk bolu yang mirip dengan roti tawar inilah yang kemudian digunakan untuk menggantikan roti pada hidangan roti bakar.

Baca juga:

Kepada Kompas.com, Linda Haris, pemiik Egso Kitchen di Surabaya membagikan tips membuat bolu untuk bolu bakar berikut ini.

1. Gunakan banyak telur

ilustrasi telurUNSPLASH/NATALIE RHEA ilustrasi telur

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam penuturannya, Linda tidak menggunakan bahan pengembang dan pengawet untuk membuat adonan bolu bakarnya. Sebagai gantinya, ia menggunakan banyak telur.

“Saya tidak menggunakan bahan pengembang atau pengawet sama sekali dalam pembuatan adonan bolu. Makanya saya gunakan banyak telur. Penggunaan telur utuh dalam keadaan fresh bisa menghasilkan adonan bolu yang mengembang.” jelas Linda kepada Kompas.com pada Kamis (21/10/2021).

Baca juga: Resep Bolu Vanila Sederhana, untuk Camilan atau Dasar Kue Ulang Tahun

Linda menekankan untuk membuat bolu mengembang saat dipanggang, kuncinya ada pada penggunaan kualitas telur yang baik.

Telur dikocok hingga mengembang dan kaku. Tektur telur harus mencapai hard peak.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.