Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kelola Bisnis Roti Ala Toko Roti Legendaris di Jakarta

Kompas.com - 22/01/2022, 15:06 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjadi pengelola sekaligus pemilik sebuah toko roti tidak sekadar memikirkan konsep produk akan dipasarkan tetapi harus paham dengan bisnis yang sedang dijalankan.

Terlepas dari bagaimana respon pasar terhadap produk yang dijual, ada beberapa hal yang harus dipahami oleh seseorang sebelum memutuskan memulai bisnis roti.

Simak tips mengelola bisnis roti dari pemilik sekaligus pengelola toko roti Moro Bake Shop Dicky Pramono berikut:

Baca juga:

1. Paham mengenai proses produksi

Proses produksi roti Moro Bake ShopDok. Instagram @Morobakeshop Proses produksi roti Moro Bake Shop

Apabila seseorang tertarik memulai bisnis roti, ia harus paham dengan roti yang akan ia buat.

Tidak hanya sebatas menganalisa pasar yang akan disasar melainkan juga paham setiap hal yang berkaitan dengan proses produksi roti.

"Ketika suatu bisnis kuliner (roti) mau maju dan berkembang maka ownernya harus tau soal makanan, harus tau cara membuatnya, harus tau prosesnya, apalagi resepnya," kata Dicky saat ditemui oleh Kompas.com di De Park, TMII pada Selasa (19/1/2022).

Ia mengatakan seseorang yang menggeluti bisnis roti harus terlibat sampai ke hal terkecil, karena ia akan terlibat dalam proses pembuatan hingga produk didistribusikan.

"Bisnis f&b saat ini sedang menjamur, cuma banyak yang tidak paham dengan makanan. Paling gampang itu bersihin grease trap (bak lemak), kalau nggak terbiasa mereka pasti tidak mau karena jorok," katanya.

Menurut Dicky, saat ini pengusaha bisnis roti lebih fokus kepada aspek eksternal dapur, seperti desain interior kafe atau bentuk kemasan yang akan digunakan.

"Kalau mau bisnis makanan, kamu harus bangun pukul 3 pagi untuk terlibat membuat makanan yang akan dihidangkan pukul 7 pagi. Kalau tidak passion di bidang tersebut, lebih baik tidak (menggeluti bisnis roti)," katanya.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com