Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/06/2021, 13:08 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Pogacha adalah roti sobek khas Balkan (Eropa bagian Tenggara). Roti ini bisa ditemui di Kroasia, Serbia, Hungaria, bahkan Turki.

Tekstur roti ini sedang, tidak terlalu keras atau terlalu lembek. Oleh karena itu, pogacha cocok disantap sebagai camilan atau disantap dengan keju dan daging jadi roti lapis.

Baca juga: Resep Easy Milk Bread, Bahan Mudah dan Murah

Bahan pogacha sangat mudah ditemui di Indonesia, bisa jadi alternatif kamu membuat camilan untuk keluarga nonton Piala Euro 2020. Berikut resep pgacha dari The Spruce Eats

Resep roti sobek pogacha

Bahan:

  • 1 cup (245 gram) susu
  • seperempat cup (57 gram) mentega
  • 1 bungkus ragi kering aktif
  • 2 sendok makan gula
  • 5 cup (625 gram) tepung serbaguna
  • 1 cangkir (250 gram) krim asam atau greek yoghurt
  • seperempat cup (55 gram) minyak sayur atau canola
  • 1 butir telur besar (kocok lepas)
  • 1 sendok teh garam

Cara membuat pogacha:

1. Panaskan susu dan tambahkan mentega. Biarkan dinginan hingga suhu suam-suam kuku. Tambahkan ragi dan gula pasir lalu aduk hingga larut.

2. Masukkan tepung ke dalam mangkuk mixer dengan tongkat paddle. Tambahkan campuran susu, krim asam, minyak, telur, dan garam. Aduk rata.

Baca juga: Resep Roti Tawar Panggang Kornet Mozzarella, Sandwich Super Simpel

3. Tukar tongkat mixer jadi tongkat ulir. Ulenih dengan kecepatan sedang-rendah sampai adonan elastis. Waktunya sekitar lima menit (tergantung mixer).

4. Lumuri mangkuk besar dengan minyak. Masukkan adonan ke mangkuk tersebut dan lumuri minyak pada bagian atas adonan. Tutup dengan serbet, biarkan mengembang hingga dua kali lipat sekitar satu jam.

5. Jika adonan sudah mengembang, pukul adonan agar kempis. Letakkan di loyang bulat yang sudah diolesi mentega dan kertas roti.

6. Dengan menggunakan pisau tajam atau penggaris, sayat adonan dengan tanda X besar agar roti mudah disobek ketika matang.

Baca juga: Resep Pommes Frites Khas Belgia, Kentang Goreng buat Nonton Euro 2020

7. Panggang adonan dengan suhu 90 derajat Celcius selama lebih kurang 1 jam. Jika sudah, dinginkan roti agar suhunya turun sebelum dipotong dan dinikmati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com