Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prediksi Tren Kue dan Roti di Indonesia pada 2022 Menurut Pastry Chef

Kompas.com - 13/01/2022, 20:38 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tren kuliner setiap tahun terus mengalami perubahan, tak terkecuali dengan kuliner sejenis kue, roti, dan berbagai makanan ringan lainnya.

Selalu ada jenis makanan baru yang dapat memikat hati dan berujung digandrungi oleh masyarakat di Indonesia. Lalu bagaimana prediksi tren kue atau roti di Indonesia pada 2022?

Mengetahui lebih lanjut terkait hal tersebut, Kompas.com berkesempatan untuk berbincang bersama pastry chef Arief Maulana dan Risa Andithia.

Baca juga:

Roti dan kue pengaruh tren dari luar negeri

Head Pastry Chef di Beau Bakery Arief Maulana berpendapat bahwa pada 2022 tren kue di Indonesia masih akan dipengaruhi oleh tren dari negara luar seperti Korea.

"Kemungkinan besar tren kue di Indonesia akan dipengaruhi oleh Korea. Sesuatu yang  muncul di drama Korea akan cepat mempengaruhi masyarakat," kata Arief saat dihubungi oleh Kompas.com melalui sambungan telepon pada Senin (10/1/2021).

Arief mengatakan tren kue yang dipengaruhi oleh Korea ini dapat dilihat dari populernya permen dalgona yang ada pada serial Squid Game.

Ia berpendapat apabila ada serial yang kembali mengusung suatu kuliner, maka kuliner tersebut diprediksi akan cepat populer.

Hal tersebut karena penggemar drama Korea semakin bertambah, sehingga gampang untuk mempengaruhi pasar di Indonesia.

Sejalan dengan Arief, Risa Andithia juga mengatakan bahwa pengaruh dari luar seperti drama Korea dapat menjadi salah satu faktor populernya makanan di Indonesia pada 2022. 

"Sepertinya akan begitu, pengaruh luar pasti akan terus ada, kita masih butuh influence dari luar juga," kata Risa saat ditemui oleh Kompas.com di The Wheat Bakery pada Rabu (12/1/2022).

Salah satu makanan hasil pengaruh luar negeri yang sempat populer pada 2021 di Indonesia yaiu croffle. 

Croffle merupakan jenis makanan hybrid, yaitu gabungan antara croissant dan waffle. Keberadaanya sempat digandrungi banyak orang tetapi  Risa memprediksi pada 2022 croffle tidak akan populer.

"Makanan hybrid seperti croffle menurut saya trennya mulai menurun, tidak akan sepopuler dulu," kata Risa.

Chef De Pastry Hermitage Disi juga mengatakan pengaruh tren dari luar negeri masih akan menjadi pegangan setiap chef atau individu yang berkecimpung di dunia kuliner pastry dan bakery.

Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya kreasi makanan dengan tampilan baru seperti makanan hybrid.

Namun berbeda dengan Risa,  Disi memprediksi makanan hybrid seperti croffle akan tetap menjadi tren pada 2022.

"Untuk roti juga masih seputar orang-orang yang men-twist  nama yang sudah ada menjadi baru. Seperti croffle, douffle, dan eclair. Trennya masih pada sistem kombinasi yang menghasilkan nama baru," kata Disi saat dihubungi Kompas.com pada Kamis (13/1/2022).

Baca juga:

ilustrasi spikoe atau kue lapis surabayaShutterstock ilustrasi spikoe atau kue lapis surabaya

Kue jadul akan kembali naik daun

Arief mengatakan pada 2022 kue jadul Indonesia akan kembali populer dan digandrungi masyarakat. Salah satu alasannya kue jadul menjangkau pasar yang lebih luas.

"Kue jadul itu everlasting, seberapa pun tren makanan yang akan muncul di Indonesia, tetap ujung-ujungnya akan kembali ke kue jadul. Meskipun saat ini media sosial lebih didominasi oleh makanan kekinian yang dipopulerkan oleh anak muda, namun range pasar kue jadul lebih besar dari kue kekinian," katanya.

Ia mengatakan kue jadul hanya butuh sentuhan visual agar terlihat menarik, karena rasa kue jadul tidak akan berubah setiap tahun.

"Manusia itu kan visual, orang-orang membeli kue awalnya melihat dari visual. Jadi jika visualnya menarik, maka orang-orang akan tertarik untuk membeli," katanya.

Menurut Arief, kebanyakan tren makanan tidak bertahan lama karena hanya mementingkan visualnya dan kurang memperhatikan rasa. 

Beberapa kue jadul yang diprediksi Arief akan populer pada 2022 yaitu lapis surabaya, chiffon, giant cookies, bolu jadul, dan soft cookies.

Sependapat dengan Arief, Disi juga memprediksi ada kue jadul Indonesia yang akan populer pada 2022, yaitu kue dongkal.

"Kalau saya lihat tahun lalu odading dan donat kentang yang naik (tren), tapi untuk tahun ini mungkin akan turun. Namun, saya melihat ada satu kue lama (tradisional) yang mulai mencoba eksis lagi, yaitu kue dongkal," katanya.

Disi menilai kue tradisional Indonesia masih menjadi favorit masyarakat karena rasanya yang gurih.

Di sisi lain, Risa berpendapat bahwa keberadaan kue jadul di Indonesia saat ini tidak terlalu dilirik karena banyaknya pengaruh makanan dari negara luar.

Ia memprediksi kue jadul sulit populer di Indonesia pada 2022. 

"Sebenarnya produk kita (kue jadul indonesia) itu enak, cuma kurang diangkat, dan mungkin karena influence dari luar terlalu mendominasi, jadi akhirnya kita terlalu kebarat-baratan," kata Risa. 

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com