Kompas.com - 17/01/2022, 20:06 WIB
Ilustrasi produk lumpia frozen dari Lumpia Samijaya. Dok. Lumpia Samijaya MalioboroIlustrasi produk lumpia frozen dari Lumpia Samijaya.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Lumpia Samijaya merupakan street food populer yang ada di kawasan Malioboro, Yogyakarta. Gerai lumpia ini sudah ada sejak 1983. 

Dalam sehari Lumpia Samijaya bisa menjual hingga 4000 lumpia yang dibagi dalam dua waktu, siang dan sore. 

Baca juga:

Namun saat awal pandemi Lumpia Samijaya terpaksa tidak berjualan. Bahkan ketika PPKM, Lumpia Samijaya tutup awal dan penjualannya pun mengelami penurunan. 

Sebab tidak ada wisatawan yang jalan-jalan di sekitar Malioboro. 

"Enggak bisa jualan, berapa bulan itu, awal Maret 2020 itu. PPKM masih bisa tapi jam 21.00 WIB sudah harus tutup," ujar Winarti, perintis usaha Lumpia Samijaya kepada Kompas.com.

"Kalau jualan ya mesti turun kan enggak ada pengunjung, pariwisata ditutup, hotel tutup. Sini saja lampu mati kalau malam, enggak bisa jualan," tambahnya.

Gerai Lumpia Samijaya yang ada di dekat Hotel Mutiara, Malioboro Yogyakarta. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Gerai Lumpia Samijaya yang ada di dekat Hotel Mutiara, Malioboro Yogyakarta.

Membuat lumpia frozen 

Sebagai cara bertahan, Lumpia Samijaya membuat produk lumpia frozen yang dapat dikirimkan ke luar kota.

Lebih lanjut, Winarti menjelaskan bahwa ide membuat lumpia frozen ini justru dari anaknya, Dian. Guna menjaga ketahanannya, Dian berinisiatif untuk memvakum lumpia tersebut agar bisa dikirim ke luar kota. 

"Frozen selama covid itu. Dulunya belum frozen, terus Mbak Dian ada ide oh ini kalau dibuat frozen lebih awet, yowes beli alat beli vakum," tutur Winarti. 

Baca juga:

Tak disangka produk lumpia frozen ini pun justru laku hingga sekarang. Walau situasi mulai penjualan lumpia frozen pun tetap laku. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.