Kompas.com - 17/01/2022, 19:09 WIB
Ilustrasi lumpia samijaya yang baru selesai digoreng. SHUTTERSTOCK/BACHTIAR FIRGIAWANIlustrasi lumpia samijaya yang baru selesai digoreng.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Malioboro merupakan satu kawasan wisata yang terkenal di Yogyakarta. Di Malioboro ada satu street food yang populer, yaitu Lumpia Samijaya

Gerai ini selalu ramai oleh pembeli, baik dari wisatawan maupun warga lokal. Tak jarang antreannya mengular dan tempat duduk di sekitar gerainya pun penuh.  

Baca juga:

Salah satu perintis usaha Lumpia Samijaya, Winarti, turut menceritakan sejarah maupun perjalanan usahannya. Berikut uraiannya. 

Gerai Lumpia Samijaya yang ada di dekat Hotel Mutiara, Malioboro Yogyakarta. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Gerai Lumpia Samijaya yang ada di dekat Hotel Mutiara, Malioboro Yogyakarta.

Sejarah Lumpia Samijaya 

Lumpia Samijaya mulai berjualan sejak 1983. Usaha ini mulanya dimulai oleh om Winarti. 

Namun, karena penjualannya tak terlalu bagus, Om Winarti lantas menawarkannya ke orangtua Winarti, Narto Sulistio.

Orangtua Winarti lalu membeli gerobak dan perkakasnya untuk berjualan di tempat yang sama seperti sekarang, dekat Hotel Mutiara.  

Tak disangka, usaha yang sempat seret ini justru diterima dengan baik oleh masyarakat. 

"Awalnya itu tahun 1983, tapi itu awal-awal yang jual om saya tapi enggak seperti sekarang. Libur lama sampai berapa bulan, terus ditawari ke ibu saya mau enggak jualan kok enggak bisa jalan lumpianya. Terus ibu saya mau," jelas Winarti kepada Kompas.com, Jumat (14/01/2022). 

Baca juga:

Lumpia Samijaya mulanya dikelola oleh orangtua, adik, dan Winarti. Namun kini pengelola Lumpia Samijaya sudah turun ke adik-adik dan anak Winarti.   

Winarti sendiri mulai membantu berjualan sejak masih duduk di bangku SMA kelas 11. Sebelum dan sepulang sekolah, Winarto ke gerai untuk membantu orangtuanya berjualan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.