Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pokat Kocok Bu Iyah, Kedai Minuman Legendaris Medan dari 1968

Kompas.com - 17/01/2022, 14:10 WIB
Silvita Agmasari

Editor

KOMPAS.com - Wisata kuliner jadi agenda wajib saat berkunjung ke Medan, Sumatera Utara. Kota Medan punya banyak tempat makan yang terkenal enak, beberapa bahkan sudah buka puluhan tahun. 

Salah satu kuliner legendaris di Medan adalah Pokat Kocok Bu Iyah dari 1968. Minuman es alpukat ini sudah bertahan tiga generasi. 

"Awalnya nenek yang buka usaha, dari nenek ini turun ke mamak, dari mamak baru turun ke kami," kata Fanny, generasi ketiga Pokat Kocok Bu Iyah dikutip dari Tribun Medan, Jumat (14/1/2022). 

Fanny bercerita kedai pokat kocok milik keluarganya tersebut adalah yang pertama di Medan. 

Baca juga:

Neneknya berjualan menggunakan gerobak becak. Barulah saat ibunya berjualan, memiliki tempat semi ruko. 

Namun demikian, gerobak becak yang memiliki nilai kenangan tersebut tetap menjadi pajangan untuk menaruh alpukat sampai saat ini. 

"Dulu belum ada pokat kocok, dikenalnya dari mulut ke mulut, dari situ mulai ramai dan banyak juga stasiun televisi yang wawancara juga sehingga banyak orang tau," tuturnya. 

Dahulu, kedainya tidak memiliki merek khusus. Akhirnya karena bermunculan kedai pokat kocok lain, disematkan Pokat Kocok Simpang Glugur Bu Iyah. 

Warung Pokat Kocok Bu Iyah di Medan, Sumatera Utara.Dok. Tribun Medan/ Tria Rizki Warung Pokat Kocok Bu Iyah di Medan, Sumatera Utara.

Fanny juga menjelaskan es pokat kocok di kedainya berbeda dengan yang lain, karena dikocok manual menggunakan tangan bukan blender. 

Alhasil, pokat kocok memiliki tekstur lebih padat atau tidak terlalu cair. 

"Kami juga pakai gula aren asli yang di olah lagi dan pokatnya pun kami buatnya kental dan enggak cair," Fanny

Baca juga:

Selain pokat kocok, Warung Pokat Kocok Bu Iyah juga menjual es campur dan aneka makanan seperti bakso, mi sop, dan mi ayam. 

Harga segelas pokat kocok di Warung Pokat Kocok Bu Iyah dihargai Rp 14.000. Fanny mengatakan harga es pokat mengalami kenaikan seiring harga alpukat yang melambung. 

Warung Pokat Kocok Bu Iyah berlamat di Jalan KL Yos Sudarso Nomor 21, Medan, Sumatera Utara. Kedai buka dari pukul 11.00-22.00 WIB. 

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Cerita di Balik Melegendanya Pokat Kocok Buk Iyah, Kuliner Medan yang Menggugah Selera,

https://medan.tribunnews.com/2022/01/14/cerita-dibalik-melegendanya-pokat-kocok-buk-iyah-kuliner-medan-yang-menggugah-selera?page=all

Penulis: Tria Rizki | Editor: Ayu Prasandi

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com