Kompas.com - 17/01/2022, 14:10 WIB
Segelas Pokat Kocok Bu Iyah di Medan, Sumatera Utara. Dok. Tribun Medan/ AkhyarSegelas Pokat Kocok Bu Iyah di Medan, Sumatera Utara.

KOMPAS.com - Wisata kuliner jadi agenda wajib saat berkunjung ke Medan, Sumatera Utara. Kota Medan punya banyak tempat makan yang terkenal enak, beberapa bahkan sudah buka puluhan tahun. 

Salah satu kuliner legendaris di Medan adalah Pokat Kocok Bu Iyah dari 1968. Minuman es alpukat ini sudah bertahan tiga generasi. 

"Awalnya nenek yang buka usaha, dari nenek ini turun ke mamak, dari mamak baru turun ke kami," kata Fanny, generasi ketiga Pokat Kocok Bu Iyah dikutip dari Tribun Medan, Jumat (14/1/2022). 

Fanny bercerita kedai pokat kocok milik keluarganya tersebut adalah yang pertama di Medan. 

Baca juga:

Neneknya berjualan menggunakan gerobak becak. Barulah saat ibunya berjualan, memiliki tempat semi ruko. 

Namun demikian, gerobak becak yang memiliki nilai kenangan tersebut tetap menjadi pajangan untuk menaruh alpukat sampai saat ini. 

"Dulu belum ada pokat kocok, dikenalnya dari mulut ke mulut, dari situ mulai ramai dan banyak juga stasiun televisi yang wawancara juga sehingga banyak orang tau," tuturnya. 

Dahulu, kedainya tidak memiliki merek khusus. Akhirnya karena bermunculan kedai pokat kocok lain, disematkan Pokat Kocok Simpang Glugur Bu Iyah. 

Warung Pokat Kocok Bu Iyah di Medan, Sumatera Utara.Dok. Tribun Medan/ Tria Rizki Warung Pokat Kocok Bu Iyah di Medan, Sumatera Utara.

Fanny juga menjelaskan es pokat kocok di kedainya berbeda dengan yang lain, karena dikocok manual menggunakan tangan bukan blender. 

Alhasil, pokat kocok memiliki tekstur lebih padat atau tidak terlalu cair. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.