Kompas.com - 06/01/2022, 16:40 WIB

KOMPAS.com - Keripik kulit ayam kini banyak dijual oleh beberapa restoran cepat saji. Namun, kamu dapat membuatnya sendiri di rumah.

Terdapat dua cara masak keripik kulit ayam yaitu dipanggang dan digoreng. Apabila kulit ayam dipanggang hasilnya bisa lebih renyah dan kamu tidak perlu menghabiskan minyak goreng.

Bumbu bubuk keripik kulit ayam bisa menyesuaikan selera misalnya cabai bubuk, lada, dan garam.

Kali ini, mulailah dengan membuat keripik kulit ayam berbumbu garam saja seperti resep dari Great British Chefs.

Resep keripik kulit ayam

Bahan keripik kulit ayam

  • 2 lembar kulit bagian paha ayam
  • Garam secukupnya

Baca juga:

Cara membuat keripik kulit ayam

  1. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat celsius.
  2. Letakkan kulit di atas meja, bagian kulitnya di bawah. Gunakan pisau untuk membuang sisa lemak pada bagian dalam kulit. Cara ini membuat kulit semakin tipis jadi renyah setelah dipanggang.
  3. Siapkan loyang, alasi dengan kertas roti. Letakkan kulit ayam di dalam loyang, taburi dengan garam. Tutup kulit dengan kertas roti lagi. Tumpuk menggunakan loyang sebagai pemberat agar kulit tetap datar.
  4. Panggang kulit selama 10-15 menit sampai renyah dan warnanya coklat keemasan. Pastikan kulit tidak sampai gosong untuk menghidari rasa pahit. Angkat dan sajikan bersama saus sambal.

Tips: Lemak yang tadi kamu sisihkan dari kulit ayam bisa diolah menjadi mentega. Beri garam dan simpan di dalam wadah kedap udara. Simpan di suhu ruangan, tempat sejuk dan gelap selama lima hari.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.