Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Simpan Keripik Kulit Kentang, Tahan Berapa Lama?

Kompas.com - 18/12/2021, 09:12 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Jika suka camilan kriuk, coba buat atau membeli keripik kulit kentang. Keripik ini cocok dinikmati sebagai camilan atau teman makan nasi hangat.

Sama halnya dengan keripik lainnya, keripik kulit kentang juga rentan melempem jika tak disimpan dengan benar. Terlebih jika kemasannya kurang bagus.

Baca juga:

 

Pemilik usaha Saladin Kentang Magic, Hanna Suryana Hasri membagikan cara menyimpan keripik kulit kentang dan ketahanannya. Berikut uraiannya.

Ilustrasi kering kentang yang dikemas dalam botol plastik. INSTAGRAM/ Saladin Kentang Magic Ilustrasi kering kentang yang dikemas dalam botol plastik.

Ketahanan keripik kulit kentang

Keripik kulit kentang dari Saladin dikemas menggunakan botol plastik bertutup. Hal ini dilakukan supaya keripik kulit kentang tahan lama dan tidak mudah melempem.

Menurut Hanna, keripik kulit kentang miliknya sebetulnya bisa disimpan hingga beberapa bulan. Selama belum dibuka keripik kulit kentang awet sampai enam bulan.

Baca juga: Resep Keripik Kulit Kentang Panggang, Camilan Sehat dari Bahan Sisa

Namun karena ukuran botolnya kecil, biasanya pembeli langsung menikmatinya dalam sekali makan.

"Saladin sendiri sampai enam bulan, selama kemasannya belum dibuka," tutur Hanna, Sabtu (11/12/2021).

"Cuma orang kadang enggak sampai berbulan-bulan juga sudah pada habis, karena kemasannya memang untuk sekali makan,” tambahnya.

Ilustrasi memanggang keripik dari kulit kentang. SHUTTERSTOCK/ Ulmus Media Ilustrasi memanggang keripik dari kulit kentang.

Cara simpan keripik kulit kentang

Cara menyimpan keripik kulit kentang sederhana saja. Guna menjaga ketahananya, keripik kulit kentang dapat diletakkan di suhu ruangan yang kering dan sejuk.

Pastikan untuk menutupnya rapat-rapat supaya tidak mudah melempem.

"Di suhu ruangan masih bisa juga berbulan-bulan asal tutupnya rapat," kata Hanna.

Baca juga:

Selain disimpan dalam suhu ruangan, keripik kulit kentang juga dapat dimasukkan ke dalam kulkas. Prinsip penyimpannya sama seperti sebelumnya, yakni tutupnya harus rapat.

Keripik kulit kentang yang disimpan di kulkas biasanya menjadi dingin. Jika ingin disantap, sebaiknya diamkan dulu di suhu ruangan beberapa saat.

Hal ini dilakukan supaya keripik tidak dingin dan lebih nikmati jika disantap untuk lauk atau camilan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com