Kompas.com - 28/12/2021, 18:36 WIB
Ilustrasi Depot Es Semanggi di Magelang. KOMPAS.com/ Lea LylianaIlustrasi Depot Es Semanggi di Magelang.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Pandemi covid-19 turut berdampak pada beberapa tempat makan legendaris. Salah satunya adalah Depot Es Semanggi yang ada di Kota Magelang. 

Ratna, karyawan Depot Es Semanggi mengatakan bahwa hampir setiap harinya warung esnya ramai pembeli. Pengunjungnya tak hanya warga lokal, tapi juga wisatawan.

Baca juga:

Pada akhir pekan maupun libur Lebaran banyak pelanggan dari luar kota yang sengaja mampir hanya untuk mencicipi sajian es dari depotnya.

"Banyak sih yang dari luar kota. Kadang kan dulu sering ke sini, terus sekarang sudah pindah ke luar kota, terus pas mudik pada ke sini. Apalagi libur Lebaran kalau pada mudik itu banyak," ujarnya, Jumat (24/12/2021).

Ilustrasi Depot Es Semanggi di Magelang. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasi Depot Es Semanggi di Magelang.

Sayangnya hal tersebut tak berlaku saat pandemi. Menurut penuturan Ratna, pandemi covid-19 membuat depot esnya menjadi sepi. 

Jika biasanya Depot Es Semanggi dapat menghabiskan hingga lima kilogram pleret, saat pandemi hanya sekitar satu setengah kilogram saja. Bahkan kadang stok pleret tersebut pun tidak habis. 

"Dulu sehari bisa lima kilo, sekarang sehari paling cuma 1,5 kilo doang. Kadang-kadang 1,5 kilo juga habis," terang Ratna. 

Baca juga:

Saat pandemi, omset Depot Es Semanggi juga menurun drastis. Penurunannya bahkan lebih dari 50 persen. 

Hal tersebut dapat dilihat dari stok sirupnya yang makin sedikit dan sering tidak habis.

"Kalau penurunan ya bisa 50 persen lebih. Dulu kan kadang jam 12 sudah habis, sudah nambah lagi. Sekarang enggak, bawa stok sedikit saja jam 3 belum habis. Kalau enggak Sabtu Minggu, hari biasa gitu sepi," ungkap Ratna.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.