Kompas.com - 27/12/2021, 19:11 WIB
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Kota Magelang punya banyak kuliner legendaris yang menarik untuk dicoba. Salah satunya adalah Depot Es Semanggi

Depot es ini berada di parkiran baseman salah satu mal di Magelang. Walau tempatnya sederhana tapi Depot Es Semanggi digemari banyak kalangan. 

Pembelinya pun tidak hanya warga lokal tapi juga wisatawan dari beberapa daerah lainnya. 

Baca juga:

Sudah ada sejak 1960-an

Saat ditemui di warungnya, Ratna, karyawan sekaligus keluarga pengelola Depot Es Semanggi menjelaskan bahwa depot es ini sudah berjalan sekitar 60 tahun. 

Namun kala itu tempatnya bukanlah di baseman mal, melainkan di sekitar klenteng yang berada di dekat Alun-alun Magelang.

"Iya sudah lama, sudah 65 tahun, pokoknya sejak tahun 1960-an. Pertama kali di klenteng itu, terus Matahari buka baru pindah di sini," tutur Ratna kepada Kompas.com, Jumat (24/12/2021).

Ilustrasi Depot Es Semanggi di Magelang. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasi Depot Es Semanggi di Magelang.

Ratna juga menambahkan bahwa saat ini Depot Es Semanggi sudah dijalankan oleh generasi ketiga. Kini pengelolanya adalah cucu-cucunya. 

"Dulu masih zaman mbah kakung pindahnya, sekarang sudah ganti ke cucu. Sudah tiga generasi," tambahnya. 

Baca juga:

Walau terkenal dengan nama Depot Es Semanggi, tapi penyematan nama tersebut sebetulnya bukanlah dari pemiliknya. Melainkan dari pembeli yang kala itu mampir ke depotnya. 

"Sini dulu enggak ada namanya lo. Sini yang ngasih nama Semanggi tu malah tentara yang dinas di Jakarta, terus ngomong kok enggak ada namanya, tak kasih nama Semanggi saja ya. Karena di Jakarta itu kan ada daerah Semanggi," jelas Ratna. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.