Kompas.com - 27/11/2021, 15:04 WIB
ilustrasi jus jeruk, salah satu minuman yang aman dikonsumsi penderita diabetes. SHUTTERSTOCK/Poring Studioilustrasi jus jeruk, salah satu minuman yang aman dikonsumsi penderita diabetes.

KOMPAS.com - Selain harus menghindari beberapa jenis makanan, penderita diabetes juga disarankan untuk tidak sembarang mengonsumsi minuman.

Meski demikian, penderita diabetes masih bisa mengonsumi beberapa jenis minuman, seperti orang sehat pada umumnya.

Namun, takaran bahan harus disesuaikan dengan tiap penderita diabetes untuk mencegah kadar gula darah dalam tubuh meningkat.

Kompas.com merangkum 9 minuman yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes berikut ini.

Baca juga: 4 Cara Kurangi Konsumsi Gula untuk Penderita Diabetes, Kurangi Olahan Tepung

1. Air putih

air putih merupakan minuman yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.UNSPLASH/ENGIN AKYURT air putih merupakan minuman yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Air putih merupakan minuman yang aman dikonsumsi oleh semua orang, termasuk penderita diabetes.

Alasan air putih aman bagi penderita diabetes adalah karena tidak mengandung kalori, gula, atau karbohidrat seperti kebanyakan minuman.

Baca juga: Resep Kukis Double Cokelat, Camilan untuk Penderita Diabetes

2. Jus jeruk

Jus jeruk merupakan salah satu minuman yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Melansir WebMD, satu cangkir jus jeruk mengandung 26 gram karbohidrat dan dinilai lebih baik dibandingkan dengan mengonsumsi jeruk utuh.

Serat dalam jus jeruk dapat membantu penderita diabetes merasa kenyang. Jika ingin minum jus jeruk, sebaiknya usahakan produk dengan kandungan tiga gram karbohidrat dan 15 kalori.

Baca juga: 5 Pengganti Gula Aman untuk Penderita Diabetes, Bukan Cuma Stevia

3. Cokelat panas

ilustrasi cokelat panas, minuman yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. SHUTTERSTOCK/Fascinadora ilustrasi cokelat panas, minuman yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Cokelat panas bisa menjadi pilihan minuman untuk penderita diabetes. Umumnya, satu gelas cokelat panas dibuat dari 60 gram susu rendah lemak.

Khusus untuk penderita diabetes bisa membuat cokelat panas dengan susu rendah lemak, cokelat hitam, vanila, dan sedikit kayu manis.

Baca juga: Apakah Madu Aman untuk Penderita Diabetes?

4. Smoothie buah

ilustrasi smoothie alpukat dan pisang. FREEPIK RACOOL_STUDIO ilustrasi smoothie alpukat dan pisang.

Selanjutnya, penderita diabetes dapat memilih smoothie buah menjadi minuman yang aman dikonsumsi.

Satu gelas smoothie mangga atau sekitar 340 gram mengandung 58,5 gram karbohidrat. Jumlah tersebut setara dengan gabungan apel dan sandwich.

Penderita diabetes juga dapat membuat smoothie dari campuran blueberi, stroberi, dan pisang.

Baca juga: Resep Alpukat Smoothie Bowl, Campur dengan Sayur dan Buah Lain

5. Teh manis

ilustrasi teh manis, aman dikonsumsi penderita diabetes bila menggunakan gula nol kalori. SHUTTERSTOCK/Zadorozhnyi Viktor ilustrasi teh manis, aman dikonsumsi penderita diabetes bila menggunakan gula nol kalori.

Sama seperti namanya, teh manis merupakan minuman bercita rasa manis. Meski begitu, teh manis tetap aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Penderita diabetes dapat mengganti gula pasir dengan gula diet kemasan nol kalori dan merebus teh dengan buah beri.

Baca juga: Batas Konsumsi Gula Harian untuk Penderita Diabetes, Saran Ahli Gizi

6. Susu sapi

Ilustrasi susu sapi segar dalam botol disimpan di kulkas. SHUTTERSTOCK/EKRAMAR Ilustrasi susu sapi segar dalam botol disimpan di kulkas.

Katherine Basbaum, ahli diet klinis di departemen kardiologi dan rehabilitasi jantung di University of Virginia Health System di Charlottesville mengatakan, susu rendah lemak aman diminum untuk penderita diabetes.

Menurut data dari Departemen Pertanian AS (USDA) dalam artikel Everyday Health, secangkir susu sapi dengan kandungan satu persen susu rendah lemak memiliki kalsium sebanyak 305 miligram yang dapat memenuhi 23 persen kebutuhan nilai harian.

Baca juga: Apakah Bisa Bikin Madu dan Susu Sapi Ramah Vegan?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.