Kompas.com - 26/11/2021, 18:03 WIB
Ilustrasi kue wajik. SHUTTERSTOCK/IKA RAHMA HIlustrasi kue wajik.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Wajik dapat disajikan untuk acara keluarga maupun digunakan untuk hantaran. Kue tradisional ini memiliki rasa manis yang legit sehingga banyak orang menyukainya. 

Cara membuat wajik cukup sederhana, tapi waktu memasaknya cukup lama. Jika tidak wajik menjadi keras dan tidak tahan lama. 

Jika ingin membuatnya, resep wajik dari buku "101 Resep Jajan Pasar Tradisional Yang Istimewa" oleh Rika Kusumawati dan Winkanda Satria Putra terbitan PT Gramedia Pustaka Utama ini bisa menjadi inspirasi.

Baca juga:

Resep wajik 

Bahan

  • 400 gram beras ketan putih yang telah dicuci bersih, tiriskan
  • 25 ml air panas
  • 250 ml santan kental, dari 1 butir kelapa 
  • 250 gram gula merah yang disisir halus 
  • 3 lembar daun pandan 
  • 1/2 sdt garam

Cara membuat wajik

Ilustrasi proses memasak kue wajik. SHUTTERSTOCK/ Reezky Pradata Ilustrasi proses memasak kue wajik.

1. Kukus beras ketan selama 30 menit. Setelah 15 menit buka penutup kukusan dan perciki ketan yang dikukus dengan air panas. 

2. Rebus santan dan gula merah hingga gula larut. Masukkan daun pandan dan garam. Aduk hingga santan meletup-letup, lalu matikan api. 

3. Masukkan ketan kukus ke dalam santan, masak sambil terus diaduk di atas api kecil hingga santan kering. 

4. Tuang adonan ketan ke dalam loyang berukuran 20x20x40 sentimeter yang telah dialasi daun pisang. Dinginkan kemudian potong. 

Baca juga: 6 Tips Masak Beras Ketan biar Pulen, Bekal Bikin Aneka Jajanan

Buku "101 Resep Jajan Pasar Tradisional Yang Istimewa" oleh Rika Kusumawati dan Winkanda Satria Putra terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli online di Gramedia.com

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.