Kompas.com - 18/11/2021, 20:39 WIB
ilustrasi gula pasir, salah satu asupan yang harus dibatasi oleh penderita diabetes. SHUTTERSTOCK/Eviartilustrasi gula pasir, salah satu asupan yang harus dibatasi oleh penderita diabetes.

KOMPAS.com - Penderita diabetes harus membatasi sejumlah asupan untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh tidak memburuk. Salah satunya adalah asupan gula harian.

Menurut Dr Toto Sudargo, M.Kes, Ahli Gizi UGM, penderita diabetes umumnya hanya diperbolehkan mengonsumsi satu sendok makan gula per hari.

"Maksimal itu satu hari hanya satu sendok makan. Maksimal. Kalau kita ingin nyaman gitu," tutur Toto saat dihubungi Kompas.com, Rabu (17/11/2021).

Takaran satu sendok makan gula bukan hanya berasal dari gula utuh, seperti gula pasir dan gula merah, melainkan mencakup total gula dalam semua sajian.

"Sumber gula bukan hanya gula pasir tetapi dari buah, dari serealia. Itu cukup banyak kandungan gulanya," kata Toto.

Baca juga:

Ilustrasi oatmeal dan banana smoothieSHUTTERSTOCK/RIMMA BONDARENKO Ilustrasi oatmeal dan banana smoothie

Butuh pendamping

Penderita diabetes dengan kondisi tertentu bisa saja mengonsumsi gula lebih dari satu sendok makan per hari.

"Kita biasanya minum gula pasir satu sendok makan tetapi pada hari itu kita kelelahan dan sebagainya sehingga pusing dan lemas sekali, itu bisa nambah setengah sendok lagi. Jadi sangat situasional gitu," jelas Toto.

Toto menyarankan, penderita diabetes sebaiknya memiliki pendamping untuk mengetahui apakah orang tersebut butuh tambahan gula harian atau tidak.

"Paling ideal adalah orang di rumah ada pendamping yang mengingatkan, 'kamu kelihatan lemas ya', ini ditambahin saja gulanya, misalnya seperti itu," kata Toto.

Penderita diabetes yang tidak dapat mengontrol kebutuhan gula harian pribadi dan tidak memiliki pendamping untuk mengontrol asupan hariannya, bisa memperburuk penyakit tersebut.

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.