Kompas.com - 28/10/2021, 19:07 WIB
Ilustrasi bubur MPASI. SHUTTERSTOCK/WIKTORYIlustrasi bubur MPASI.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Setelah berusia enam bulan, bayi dianjurkan untuk mengonsumsi MPASI. Pasalnya, ASI saja tidak cukup untuk memenuhi nutrisinya. 

Dalam MPASI, kandungan nutrisinya harus tepat dan pas. Salah satu yang mesti diperhatikan adalah lemak. Pasalnya nutrisi ini bisa membantu tumbuh kembang anak, seperti mengutip dari laman IDIA.  

Kendati demikian, penggunaan lemak untuk MPASI tidak boleh asal-asalan. Sebaiknya gunakan lemak tambahan yang digunakan memang aman dan baik untuk bayi. 

Baca juga:

Lemak tambahan MPASI 

Ilustrasi produk MPASI dari Grouu. INSTAGRAM/ Grouu Ilustrasi produk MPASI dari Grouu.

Jessica Marthin, CEO sekaligus Co-Founder dari Grouu layanan katering MPASI di Jakarta mengatakan bahwa penggunaan lemak tambahan bisa disesuaikan dengan menu yang dibuat.

Jika sedang memasak makanan khas Indonesia, maka kamu bisa memakai santan ataupun minyak. Sementara, masakan Internasional bisa menggunakan unsalted butter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita pakai banyak jenis, tergantung menunya. Kalau menunya lagi masakan Indonesia, itu pakai minyak atau santan. Kalau lagi masak misalnya opor ayam gitu. Kalau kemudian misalnya internasional itu pakai unsalted butter," jelas Jessica kepada Kompas.com (21/10/2021). 

Baca juga:

Jessica juga menyebut bahwa penggunaan lemak tambahan untuk MPASI ini sangatlah penting. Pasalnya, lemak tersebut bagus untuk perkembangan anak.

"Banyak sih opsi lemak tambahan. tapi kita pastikan selalu pakai lemak tambahan karena bagus kan untuk anak," ujarnya.

Ilustasi santanUnsplash Ilustasi santan

Menambahkan dari Parents.com minyak seperti olive oil serta keju pun bisa menjadi tambahan lemak untuk MPASI. Selain itu ada pula alpukat, hummus, pisang, selai kacang, dantelur.

Penggunaannya sendiri bisa disesuaikan dengan resep MPASI yang dibuat serta usia bayinya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.