Kompas.com - 28/10/2021, 18:04 WIB
Ilustrasi menu MPASI untuk bayi. PIXABAY/ ?? ?? Ilustrasi menu MPASI untuk bayi.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Pada dasarnya sebetulnya MPASI sama seperti makanan orang dewasa. Hanya teksturnya perlu disesuaikan dengan usia dan kondisi anak. 

Di samping itu, penggunaan bahannya perlu diperhatikan kembali. Pasalnya, ada beberapa bahan yang tidak boleh ditambahkan dalam MPASI, misalnya gula dan garam. 

Namun demikian MPASI pun bisa dibuat enak. Caranya yakni dengan menambahkan perasa dan penyedap alami. 

Baca juga:

Penyedap alami untuk MPASI

Rempah-rempah seperti nduk kunyit, jahe merah, bunga bakung, eucaliptus, adas manis, alba, kapulaga, pala, akar angin, serai, jintan, daun sampe sempilet, bereng/ biji kecipir, daun gagatan harimau, kayu lemo, sepang (secang), bunga lawang, bawang merah, bawang putih, dan lainnya digunakan untuk pembuatan minyak Karo Laucih.KOMPAS.COM/DEWANTORO Rempah-rempah seperti nduk kunyit, jahe merah, bunga bakung, eucaliptus, adas manis, alba, kapulaga, pala, akar angin, serai, jintan, daun sampe sempilet, bereng/ biji kecipir, daun gagatan harimau, kayu lemo, sepang (secang), bunga lawang, bawang merah, bawang putih, dan lainnya digunakan untuk pembuatan minyak Karo Laucih.

Jessica Marthin selaku CEO dan Co-Founder dari Grouu menyebut bahwa rempah-rempah dan sayuran sebetulnya bisa menjadi penyedap alami MPASI.  

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasalnya, bahan tersebut memiliki rasa asli yang beragam.

"Penyedap alaminya itu dari rempah-rempah. Misalnya mau rasa manis itu bisa rempah-rempah sama sayur, kan sebenarnya bahan itu ada rasa aslinya ya," jelas Jessica kepada Kompas.com (21/10/2021). 

Baca juga:

Tujuan pemberian penyedap alami ini yakni supaya anak bisa mengenal rasa asli dari bahan tersebut. Sebab, masing-masing bahan sebetulnya memiliki rasa yang berbeda.

"Justru dengan kita memperlambat pengenalan anak dengan gula garam itu, dia jadi lebih bisa eksplore rasa asli dari bahan baku itu. Misalnya nih kita ngomong bawang itu manis, itu kalau ada gula kan dia ketutup," ujar Jessica. 

"Padahal sebetulnya bahan-bahan seperti sayuran wortel itu kan ada rasa manisnya. Atau, buah juga ada yang manis atau lebih asam," tambahnya. 

Ilustrasi produk MPASI dari Grouu. INSTAGRAM/ Grouu Ilustrasi produk MPASI dari Grouu.

Beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai penyedap rasa yaitu bawang untuk rasa manis serta kaldu untuk rasa asin.

"Kalau manis itu dari bawang, bawang kalau kalau dioseng-oseng kan manis. Terus kalau asin, misalnya kita bikin kaldu deh, itu kan nanti juga akan asin. Jadi, semuanya dari natural seperti itu," pungkas Jessica. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.