Kompas.com - 28/10/2021, 12:09 WIB
ilustrasi tepung almond. SHUTTERSTOCK/SMarinailustrasi tepung almond.

KOMPAS.com - Tepung almond merupakan salah satu bahan utama membuat macaron. Umumnya, bahan membuat macaron ada tepung almond, gula, dan putih telur.

Setelah putih telur dikocok sampai kaku dengan gula, tepung almond dicampurkan ke dalam kocokan telur. Ketiga bahan tersebut dicampurkan dengan bahan lainnya dan dicetak di atas loyang.

Melansir dari buku “Resep Favorit untuk Usaha: Macaron” (2013) oleh Tim Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, tepung almond bisa digunakan karena memiliki rasa yang khas.

Baca juga: Apa Itu Tepung Tang Mien? Rahasia Bikin Bakpao Legit dan Lembut

Selain itu, tepung almond juga menghasilkan adonan yang renyah setelah dipanggang. Tepung almond bisa membuat adonan beraroma harum.

Masih dari buku yang sama, ada cara membuat tepung almond sendiri di rumah yang bisa kamu ikuti.

1. Pemilihan kacang almond

Kacang adalah salah satu camilan sehat karena kaya akan nutrisi dan membantu kita menekan keinginan ngemil makanan tinggi garamUNSPLASH/AVINASH KUMAR Kacang adalah salah satu camilan sehat karena kaya akan nutrisi dan membantu kita menekan keinginan ngemil makanan tinggi garam

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pilih kacang almond yang sudah dikupas. Menambahkan dari laman The Spurce Eats, gunakan kacang almond kupas agar hasil dari tepung yang dihaluskan berwarna terang dan bertekstur halus.

Sementara itu, kamu juga bisa menggunakan kacang almond utuh dengan kulitnya untuk membuat aneka makanan dengan warna gelap.

Baca juga: 7 Cara Membuat Tepung Jagung, Butuh Alat Khusus

2. Sangrai kacang almond

Kalau kacang almond kupas sudah disiapkan, sangrai atau panggang hingga mengeluarkan aroma harum. Hal ini juga bisa membuat kacang almond kering.

3. Proses kacang almond

Kalau sudah disangrai atau dipanggang, dinginkan kacang almond di suhu ruang. Setelah dingin, haluskan kacang almond dengan food processor.

Menambahkan dari laman The Spruce Eats, kamu bisa menggunakan gilingan kopi untuk menghaluskan kacang almond.

Baca juga: Apa Itu Tepung Garut? Bahan Pengental Makanan

4. Ayak kacang almond yang sudah giling

Setelah kacang almond dihaluskan, ayak hingga hasilnya benar-benar halus. Kalau masih ada sisa kacang almond, giling kembali sampai halus.

Buku “Resep Favorit untuk Usaha: Macaron” (2013) oleh Tim Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.